Malaikat Yang Namanya Terdapat Di Dalam Alkitab dan Job Desknya Dalam Ajaran Kristiani

Malaikat Yang Namanya Terdapat Di Dalam Alkitab dan Job Desknya Dalam Ajaran Kristiani

Malaikat dalam Alkitab adalah pesuruh Allah, yang mengenal-Nya muka dengan muka, karena itu mempunyai kelebihan daripada manusia. Malaikat tentu adalah makhluk, tapi suci dan mantap, walaupun mempunyai kemauan yg bebas dan karena itu bisa terpengaruh terhadap godaan dan dosa.

Di dalam Alkitab terdapat 4 nama malaikat yaitu Gabriel, Mikhael, Lucifer, dan Abadon/Apolion. Tiap-tiap malaikat ini punya kedudukan dan job desk masing-masing. Berikut ini daftar malaikat yang namanya disebutkan di Alkitab, beserta tugasnya.

1. Gabriel

Malaikat Gabriel disebut sebagai malaikat utusan yang bertugas menyampaikan berita dari Allah kepada manusia. Malaikat Gabriel merupakan salah satu malaikat utama yang dibahas dalam Alkitab. Ia kerap kali diutus untuk memberitakan kabar baik kepada sejumlah tokoh Alkitab, salah satunya adalah Maria yang merupakan ibu dari Yesus.

2. Mikhael

 

https://pxhere.com/

Malaikat Mikail adalah penghulu malaikat atau pemimpin bala tentara surga yang disebut dalam Kitab Wahyu 12:7. Malaikat Mikhael jarang disebutkan dalam Alkitab. Tetapi, setiap kali disebut, ia sedang melakukan tindakan tertentu. Dalam buku Daniel, Mikhael memerangi malaikat-malaikat yang fasik; dalam surat Yudas, ia berbantah dengan Setan; dan dalam Penyingkapan, ia berperang melawan si Iblis dan hantu-hantunya.

3. Lucifer

https://www.learnreligions.com/

Lucifer adalah malaikat pertama yang melayani Tuhan. Ketika Tuhan menciptakan manusia, Lucifer diperintahkan untuk sujud, namun karena kesombongannya dan merasa dirinya lebih tinggi derajatnya dari pada manusia, ia pun enggan dan menolak untuk mematuhi perintah Tuhannya, maka Lucifer di usir dari surga ke bumi. Setelah Lucifer dibuang dari surga maka namanya berubah menjadi Satan. Satan merupakan iblis neraka yang memiliki kekuatan sangat kuat. Lebih kuat dari semua iblis yang ada di neraka. Ia pun dijuluki Raja dari segala Raja Iblis. Ia berperan  menjerumuskan manusia untuk melakukan dosa agar masuk ke dalam neraka.

4. Abadon/Apolion

https://id.pinterest.com/

Nama Abadon atau Apolion muncul dalam Wahyu 9:11: "Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion". Abadon/Apolion sering digunakan sebagai nama lain Setan. Akan tetapi, Alkitab membedakan Setan dan Apolion. Setelah berlanjut membaca kitab Wahyu, kita menemukan Setan ketika ia sedang terjerat di Jurang Maut selama 1,000 tahun (Wahyu 20:1-3). Ia kemudian dibebaskan dan kembali memporak-porandakan dunia (ayat 7-8) sampai ketika ia menerima hukumannya yang terakhir dan kekal (ayat 10). Abadon/Apolion rupanya salah satu bawahan Setan, suatu sosok iblis yang membinasakan dan salah satu "pemerintah," "penguasa," dan "penghulu" yang dibahas dalam Efesus 6:12.

http://khazarzar.skeptik.net/