Tradisi Makan Unik Negara-Negara Di Dunia, Ingat-Ingat Biar Nggak Ditegur Pas Main Keluar Negeri!

Tradisi Makan Unik Negara-Negara Di Dunia, Ingat-Ingat Biar Nggak Ditegur Pas Main Keluar Negeri!

Makan adalah suatu kebutuhan paling utama bagi manusia untuk bertahan hidup. Dengan makan kita bisa melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Makan juga bisa menjadi sebuah pelarian untuk beristirahat sejenak dari rutinitas.

Di beberapa negara di dunia, kegiatan makan diatur dengan aturan tal tertulis yang harus dipatuhi oleh penduduknya. Aturan tersebut ada karena berbagai alasan, mulai dari penghormatan kepada Tuhan atas berkah makanan, sampai penolak sebuah bala (bencana). Ya, beberapa negara percaya apabila aturan diatas meja makan tidak dipatuhi, maka akan timbul suatu bencana.

Berikut daftar aturan unik saat makan dari berbagai negara di dunia.

1. Jangan Makan Pakai Garpu di Thailand

Tak cuma sendok, garpu pun sering kali dipakai untuk menyuap makanan ke mulut. Namun, jangan coba menyuap makanan ke mulut menggunakan garpu di Thailand. Kalian pastinya akan langsung dipandang sinis oleh masyarakat sekitar. Ini dikarenakan menyuap makanan dengan garpu di Thailand merupakan tindakan yang tidak sopan.

2. Menyeruput Makanan Ala Jepang

https://www.pexels.com/

Menyeruput makanan, seperti sup dan mengeluarkan suara “ah” merupakan bentuk apresiasi bagi penyedia makanan. Hal ini menunjukkan bahwa makanan tersebut memiliki cita rasa yang enak.

3. Di China, Sisakan Sedikit Makanan Saat Selesai

https://www.pexels.com/

Di China, menghabiskan makanan yang ada di piring bisa mengindikasikan bahwa tuan rumah tidak menyediakan makanan yang cukup. Karena itu, sebaiknya sisakan sedikit makanan, ya!

4. Bersendawa Adalah Apresiasi di Tiongkok

https://www.pexels.com/

Saat di Tiongkok, kalau kamu mau bikin orang yang memasak makananmu senang dan merasa dihargai, bersendawalah dengan keras. Tapi kalau sudah selesai makan, jangan tinggalkan piringmu dalam keadaan kosong. Sisakan sedikit sisa makanan di piringmu dan sang tuan rumah akan menganggap kamu puas bahkan merasa kelebihan dengan makanan yang disajikan oleh mereka.

5. Di Timur Tengah, Jangan Pernah Membuang Makanan yang Jatuh

https://www.pexels.com/

Saat roti atau makanan kering lainnya terjatuh ke lantai, orang Timur Tengah biasanya akan mengambil makanan tersebut, menciumnya, dan mengangkatnya setara dengan kening sebelum meletakkannya kembali ke piring. Ini adalah cara mereka menghormati makanan dan orang-orang yang telah membuat makanan tersebut.

6. Kentut Setelah Makan Ala Orang Eskimo

https://www.albawaba.com/

Eskimo mungkin punya budaya paling nyeleneh saat menyantap hidangan. Pasalnya, bagi orang Eskimo kentut setelah makan berarti menunjukkan rasa terima kasih dan menyatakan makanan itu enak. Jadi kalau kamu sedang makan bersama mereka, jangan sungkan-sungkan kentut setelah makan ya.

http://www.johntyman.com/