Peluang Menjanjikan dari Usaha Budidaya Cupang, Modal 40 Ribu Omzetnya Jutaan Rupiah!

Peluang Menjanjikan dari Usaha Budidaya Cupang, Modal 40 Ribu Omzetnya Jutaan Rupiah!

Cupang menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dikoleksi dan dipelihara karena mempunyai ekor dan sirip dengan warna-warni indah sehingga bernilai jual tingga. Maka nggak heran, kalau banyak orang yang menjalankan bisnis budidaya ikan cupang. Salah satunya adalah Iwan, warga Desa Pecabean, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Berawal dari coba-coba, tanpa terasa sudah 3 tahun belakangan Iwan sukses membudidayakan ikan yang terkenal agresif ini. Hingga saat ini, usahanya sudah berkembang pesat. Bahkan dalam sebulan, omzetnya bisa mencapai Rp5 juta. Wow!

"Iya waktu itu saya tertarik mengoleksi ikan cupang ini, terus coba-coba beli 2 pasang hanya seharga Rp40 ribu sebagai hobi aja, ternyata hasilnya lumayan kalau dijadikan bisnis. Ya udah saya lanjutin sampai sekarang", Ungkap Iwan dikutip dari Indozone. 

Pria Tegal ini Sukses Budidayakan Ikan Cupang (INDOZONE.ID)

Menurutnya, beternak ikan cupang tergolong mudah, hanya membutuhkan beberapa fase dalam membudidayakannya. Dimulai dari fase penjodohan, pemilahan atau kawin, pembesaran, dan yang terakhir penyortiran ikan yang layak untuk dijual.

Semua itu cukup waktu 3 bulan saja. Hanya yang perlu diperhatikan, ketika ikan sudah mulai besar harus dipisah tempatnya karena akan bertengkar satu sama lainnya.

Menariknya, Iwan punya cara kreatif dalam menyiapkan tempat yang digunakan untuk budidaya, yaitu memanfaatkan limbah seperti toples, palet kayu bekas, botol air mineral, hingga bak yang sudah enggak terpakai.

 

Salah Satu Ikan Cupang Hasil Budidaya Iwan (INDOZONE.ID)

Jenis yang dibudidayakan Iwan hanya cupang jenis plakat atau khusus ikan hias bukan aduan. Menurutnya jenis ini mempunyai kelebihan, yakni warna yang lebih variatif, harga stabil, dan banyak dicari orang.

Memanfaatkan Limbah Cup Minuman untuk Budidaya Ikan Cupang (INDOZONE.ID)

Lebih lanjut, pemasaran ikan cupang hasil budidayanya nggak cuma ke beberapa kota di Indonesia, tapi sudah merambah ke pasar luar negeri. Harganya mulai Rp25 ribu, tergantung bentuk dan ukurannya. Biasanya harga yang relatif murah banyak diburu oleh anak-anak.

Gimana, tertarik menggeluti usaha 'modal kecil untung besar' seperti Iwan? Mungkin kamu bisa mengikuti jejaknya dengan juga berbisnis ikan cupang di daerah tempat tinggalmu.

Cupang Dijual Mulai Rp25 Ribu (INDOZONE.ID)