Hati-Hati, Penyakit Kulit Ini Bakal Menghantuimu Selama Musim Hujan

Walau banyak orang menyukai hujan, namun kamu perlu waspada terhadap berbagai penyakit kulit yang mungkin muncul berikut ini.

Walau banyak orang menyukai hujan, namun kamu perlu waspada terhadap berbagai penyakit yang mungkin muncul. Salah satu yang paling umum dan sangat mengganggu adalah dermatosis atau penyakit kulit .

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain suhu, kelembaban, dan masih banyak lagi. Karenanya, kita perlu menjaga kebersihan dan sering-sering membilas tubuh setelah terkena air hujan atau genangan di jalan. Berikut beberapa penyakit yang sering muncul.

1. Kudis (Scabies)

Gangguan kulit ini disebabkan oleh infeksi parasit, dan sifatnya sangat mudah menular. Kondisi lembab membuat gangguan ini dengan mudah berpindah dari satu penderita ke lainnya. Kudis dapat menyebar melalui kontak kulit  langsung dengan orang yang terinfeksi. 

2. Biang keringat

Penyakit Kulit di Musim Hujan (via Halodoc)

Meskipun gangguan ini sering terjadi saat cuaca panas, namun biang keringat juga sangat umum di musim hujan karena kelembapan yang tinggi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh keringat yang menyumbat pori-pori, mengiritasi kulit, dan menyebabkan bintik-bintik merah yang gatal. 

3. Kutu Air

Penyakit Kulit di Musim Hujan (via Klikdokter)

Penyakit kulit ini ditandai dengan ruam merah yang gatal di antara jempol kaki, terutama setelah terendam dalam air terlalu lama. Penyebabnya adalah hewan jenis plankton bernama Daphnia sp. yang tumbuh subur karena peningkatan kelembapan pada kaki  akibat keringat, sepatu basah dan tertutup, atau karena sepatu terkena genangan air berlumpur. 

4. Eksim

Penyakit Kulit di Musim Hujan (via Tempo)

Eksim adalah masalah kulit yang muncul karena faktor genetik dan reaksi alergi akibat kelembaban, suhu, dan iritasi. Dalam kasus  ringan hingga sedang, eksim biasanya hanya ditandai dengan kulit kering, gatal, dan bersisik. Namun, pada kasus yang parah, eksim dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak. 

5. Infeksi Jamur 

Penyakit Kulit di Musim Hujan (via SehatQ)

Infeksi jamur sebenarnya bisa terjadi di saat musim apapun, akan tetapi akan lebih rentan ketika musim hujan tiba. Kelembaban suhu menjadi pemicu utama tumbuhnya jamur adalah bagian tubuh yang lembab dan banyak berkeringat seperti kaki, sela paha, rambut dan ketiak. 

Secara umum, penyakit kulit yang terjadi bisa diantisipasi dengan selalu menjaga kebersihan sekitar, hindari keringat berlebih, hindari penggunaan barang dengan orang lain, dan segera mengganti pakaian yang sudah terkena hujan.

Selain itu, apabila terkena hujan atau cipratan dari genangan air pastikan untuk membilas dengan air bersih atau mandi setelahnya. Jika tidak, maka risiko terkena penyakit kulit  di musim hujan akan tinggi. Semoga tidak sampai terkena masalah ini, ya!

Penyakit Kulit di Musim Hujan (via Quora)