Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Sembuhkan Kanker!

Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Sembuhkan Kanker!

Sirsak adalah tumbuhan berbunga yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, dan paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Sedangkan daun sirsak mengandung senyawa acetogenin, minyak esensial, reticuline, loreximine, coclaurine, annomurine, dan higenamine. Jika kita mengolah dengan benar, daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut manfaat daun sirsak yang dapat menyembuhkan penyakit.

1. Membantu Mengobati Sariawan

Jika kamu mengalami sariawan, daun sirsak bisa digunakan sebagai obat. Caranya cukup mudah, tumbuk daun sirsak kemudian rebus, minum air rebusannya. Kamu bisa menambahkan madu atau lemon jika kurang suka dengan rasanya.

2. Mengobati Asam Urat

https://www.pexels.com/

Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak terbukti efektif untuk dapat mengatasi penyakit asam urat. Ambil 6 sampai 10 helai daun sirsak, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Rebus daun sirsak dengan 2 sampai 3 gelas air. Tunggu hingga rebusan air tinggal setengahnya saja. Konsumsilah dalam keadaan hangat atau dingin. Untuk hasil yang maksimal konsumsilah setiap hari.

3. Menurunkan Risiko Hipertensi

https://www.pexels.com/

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi merupakan suatu kondisi ketika kadar darah di dalam tubuh meningkat. Kondisi ini bisa saja menyebabkan penyakit pada jantung. Daun sirsak memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran karena memiliki antioksidan yang bisa melenturkan pembuluh darah.

4. Membantu Mengobati Kanker

https://www.pexels.com/

Kandungan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak merupakan zat antikanker yang sangat kuat. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker. Kerja daun sirsak hampir sama dengan obat kemoterapi yakni mampu menghambat aktivitas pembelahan DNA pada sel kanker sehingga sulit untuk tumbuh dan berkembang.

5. Mengatasi Insomnia

https://www.pexels.com/

Insomnia atau sulit tidur menjadi masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Cara mengatasinya bisa dengan konsumsi bahan alami, seperti rutin mengkonsumsi daun sirsak. Kandungan tryptophan di dalam daun sirsak bisa memberikan efek rasa mengantuk yang akan membuat anda bisa lebih cepat tertidur. Dengan demikian insomnia bisa teratasi.

https://www.pexels.com/