Kenalan dengan Agama Warisan Nusantara

deretan agama asli indonesia ini ternyata warisan leluhur nusantara

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, tak terkecuali dengan agamanya. Di Indonesia sendiri ada 5 agama yang diakui negara yaitu Kristen Katolik, Kristen Protestan, Islam. Buddha, Hindu, dan Kong Hu Cu. Namun ternyata selain agama tersebut ada kepercayaan lain yang dianut beberapa kelompok masyarakat di Indonesia dan dianggap sebagai agama warisan leluhur nusantara. Agama apa saja itu? Yuk simak selengkapnya. 

Kaharingan 

Agama ini banyak dianut suku Dayak di Kalimantan. Dianut oleh ratusan ribu orang yang tersebar di tanah Kalimantan. Dalam agama ini ada tiga versi nama Tuhan yang dibedakan berdasarkan wilayahnya. Ada Tuhan bernama Yustu Ha Latalla di Barito, Sanghyang Dewata di Kotawaringin Barat. Meskipun berbeda, namun mayoritas penganut Kaharingan menyebut sang pencipta sebagai Ranying Hatalla Langit. 

Marapu 

(Kaharingan via indepensi.com)

Agama asli Indonesia yang berasal dari Pulau Sumba, NTT. Dalam ajaran Marapu, mereka menerapkan sistem keyakinan dengan memuja arwah-arwah leluhur. Mereka percaya bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara dan setelah akhir zaman mereka akan hidup kekal di dunia roh yang dikenal sebagai Prai Marapu. 

Sunda Wiwitan 

(Marapu via scetizwisata.wordpress.com)

Agama ini sudah ada sebelum Buddha dan Hindu masuk Indonesia. Mirip dengan Marapu, Sunda Wiwitan juga memuja arwah leluhur yang memiliki unsur monoteisme purba. Dimana di atas para dewata dan hyang dalam patheonnya terdapat dewa tunggal tertinggi maha kuasa yang tak berwujud. 

(Sunda Wiwitan via tirto.id)