Fakta Unik Tentang Zoroastrianisme, Sekte Majusi yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

Fakta Unik Tentang Zoroastrianisme, Sekte Majusi yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

Agama datang silih bergantii di muka bumi ini, pencarian manusia akan sang pencipta telah dimulai bahkan sebelum manusia belajar menulis. Manusia mencari satu sosok atau bahkan lebih dari satu sosok omnipotens yang memegang kuasa dan cipta akan alam semesta yang kita tinggali.

Pada artikel kali ini kita akan membahas sebuah sekte yang telah eksis cukup lama di muka bumi ini, yakni zoroaster. Seperti apasih zoroastrianisme ini? yuk kita simak fakta-faktanya!

1. Apa itu zoroastrianisme

Zoroastrianisme merupakan salah satu aliran atau sekte agama terbesar dari agama Majusi, dan Majusi adalah agama yang berkembang di negara Persia yang sekarang dikenal sebagai Iran.

Layaknya aliran Majusi lain, seperti Manu, hingga Mazdak, Zoroaster pun sebagian besar masih menganut paham Majusi. Dinamakan sesuai dengan sang pendiri, Zarathustra yang berasal dari suku Media. Ia lahir di Azerbaijan, pada tahun 523 SM.

Logo Zoroaster adalah Faravahar, yang melambangkan tentang Ahura Mazda dan segala kebaikan. 

2. Zoroastrian

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Zarathustra mengajarkan aliran ini pada masa pemerintahan Maharaja Darius 1. Pada tahun 618 SM, aliran ini berkembang pesat setelah Raja Chorasma Vishtaspa dan sang Menteri Yasasp menganut Zoroastrianisme.

Zarathustra sendiri wafat pada usia 77 tahun di Bactria ( Balkh, Afghanistan saat ini ). Setelahnya, beberapa Zoroastrian menyebarkan ajaran tersebut untuk pertama kalinya di Bombay-India, dan dikenal dengan sebutan Orang Parsi.

Di era modern, salah satu penganut zoroaster yang terkenal adalah vokalis dari grup band Queen, Freddy Merccury.

3. Konsep tuhan

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Zoroastrian mempercayai 2 tuhan yakni Ahura Mazda ( Spenta Mainyu ) yang artinya Tuhan Kebaikan, dan Ahriman ( Angro Mainyu ) yang artinya Tuhan Kejahatan. Zoroastrianisme hanya mengakui satu Tuhan yang mutlak dan Maha Kuasa, yaitu Ahura Mazda.

4. Politeisme

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Politeisme adalah kepercayaan terhadap banyak dewa, Lawan dari polytheisme adalah monotheisme yang menganut satu dewa atau tuhan. Dan zoroaster masuk kedalam polytheisme.

Para dewa yang diyakini oleh mereka, di antaranya adalah, Asha Vahista, dewa kebenaran dan keamanan yang menguasai api, Vohu Manah, dewa hati nurani yang, digambarkan berbentuk sapi jantan, Keshatra Vairya, dewa logam, Spenta Armaity, dewa bumi dan tanah, Haurvatat, dewa air, Amertat, dewa tumbuh-tumbuhan.

5. Kitab Suci

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Avesta adalah kitab suci para Zoroastrian. Sebuah kitab berbahasa Pahlawy Kuno, salah satu bahasa yang berkembang pada jaman Iran Abad Pertengahan. Avesta menggunakan huruf hozwārishn atau lebih dikenal dengan aramaics yang rumit.

https://cdn.idntimes.com/content-images/