Sederet Bunga Paling Langka Di Dunia, Wajib Dilindungi!

Sederet Bunga Paling Langka Di Dunia, Wajib Dilindungi!

Tidak hanya hewan saja yang menghadapi problematika kepunahan, ternyata kingdom flora juga menghadapi problematika yang sama, penyebabnya bermacam-macam ada yang populasinya mengerucut karena iklim yang berubah, bahkan sampai yang diburu manusia.

Beberapa flora endemik hanya dapat hidup dilingkungan tertentu dengan kondisi cuaca, mineral tanah, cuaca, serta paparan matahari yang spesifik, banyak maunya emang yaa flora ini kayak cewek hehe. Berikut ini akan kita bahas mengenai flora yang mendekati kepunahan.

1. Middlemist Red

Middlemist Red merupakan bunga yang paling dekat dengan kepunahan remaja ini. Tanaman yang berasal dari Tiongkok malah nggak tumbuh di Tiongkok loo, melainkan di Inggris dan Selandia.

Setelah dibawa ke Inggris pada tahun 1804 Tiongkok kemudian melenyapkan bunga-bunga cantik ini, yang membuat flora ini menjadi semakin langka.

2. Jade Vine

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Jade Vine merupakan flora endemik hutan hujan Filipina. Tanaman bunga ini merambat hingga sepanjang 13 meter dan tumbuh setinggi 3 meter. Bunga-nya sendiri berbentuk mirip cakar dengan warna biru kehijauan.

Keberadaan Jade Vine sendiri terancam karena hutan hujan Filipina yang makin habis.

3. Ghost orchid

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Anggrek hantu adalah tanaman yang dapat di tiga negara yakni Kuba, Florida, dan Bahama. Sayangnya bunga ini sangat sulit untuk dikembangkan. Karena bunga ini tidak memiliki daun sehingga tidak mengandalkan fotosintesis.

Selain itu, mereka hanya bisa tumbuh di tempat yang memiliki suhu dan kelembapan tinggi. Bunga ini hanya mekar di antara bulan Juni hingga Agustus, itu pun hanya mekar selama tiga minggu. Menariknya, setiap kali mekar, Anggrek Hantu akan mengeluarkan aroma harum seperti sabun.

4. Bunga bangkai

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Bunga satu ini merupakan flora Endemik Indonesia, Bunga Bangkai juga hanya tumbuh di hutan hujan dataran rendah yang ada di Sumatra, Indonesia. Dinamakan bunga bangkai karena bunga ini akan mengeluarkan bau busuk saat mekar. Dengan aroma yang kuat, bunga bangkai akan menarik lalat dan kumbang untuk melakukan penyerbukan.

https://cdn.idntimes.com/content-images/