Sederet Folklore Tentang Putri Duyung yang Berkembang di Berbagai Tempat di Dunia

Sederet Folklore Tentang Putri Duyung yang Berkembang di Berbagai Tempat di Dunia

Putri Duyung adalah makhluk mitologi yang entah darimana awalnya, berbentuk sosok wanita berparas cantik dengan tubuh setengah ikan. Kisah putri duyung banyak diangkat di film-film Disney. Namun, kisah putri duyung ini ternyata punya banyak versi lho!

Di beberapa tempat, kisah putri duyung sudah menjadi legenda di tempat tersebut. Diceritakan turun temurun oleh nenek moyang dan menjadi cerita rakyat atau folklore hingga saat ini.

1. Iara - Brasil

Iara  awalnya adalah seorang wanita cantik dengan kemampuan perang yang mengagumkan. Namun hal ini membuat saudara-saudaranya iri dan berusaha membunuhnya. Berkat ketangguhannya, Iara berhasil menyelamatkan diri dengan membunuh saudara-saudaranya. Hal ini membuat sang ayah marah hingga menenggelamkan Iara ke dalam sungai. Di sanalah dia berubah menjadi duyung dan menyimpan dendam kepada laki-laki.

2. Marakihau - New Zealand

https://id.pinterest.com/

Marakihau adalah penjaga laut (taniwha) dalam cerita rakyat Maori di Selandia Baru. Selain memiliki penampilan ala putri duyung, dia juga memiliki lidah panjang dan berlubang. Lidah ini berfungsi untuk menyedot ikan, kadang juga digunakan untuk menelan kano beserta orang-orang yang ada di dalamnya. Marakihau juga memiliki kemampuan untuk berubah bentuk menjadi manusia.

3. Merrow - Irlandia

https://madonnewzealand.com/

Merrows merupakan ras makhluk laut yang digambarkan memiliki kulit hijau atau putih dengan jari-jari yang berselaput. Merrows betina memiliki bentuk yang mirip dengan putri duyung di dalam film sementara merrows jantan memiliki rupa ikan yang lebih banyak. Dalam cerita rakyat, Merrow memiliki benda khusus seperti jubah atau sabuk yang memungkinkan mereka untuk kembali menyelam ke dalam air. Namun, terkadang manusia mencuri benda ini agar bisa menikah dengan merrows.

4. Suvannamaccha - Thailand

https://eamo.artstation.com/

Suphannamatcha memiliki kaitan yang erat dengan cerita Ramayana versi Thailand.  Dia adalah putri dari Rahwana yang berwujud manusia separuh ikan. Ketika Hanuman membangun jalan lintas menuju Pulau Lanka,  pasukannya terhalang oleh sekelompok duyung yang mencuri batu-batu pondasi jembatan. Hanuman pun turun ke dalam air dan mencari pemimpin mereka. Disanalah dia bertemu dengan Suphannamatcha. Melihat kecantikan wanita ini Hanoman pun jadi jatuh hati. Dia merubah taktiknya dan berusaha meluluhkan hati Suphannamatcha. Suphannamatcha akhirnya jatuh cinta dan membiarkan Hanuman untuk melanjutkan pekerjaannya. Mereka akhirnya menjadi sepasang kekasih dan memiliki seorang putra bernama Macchanu.

https://spring2018indianepics.blogspot.com/