4 Perbedaan Pendeta dan Pastor yang Harus Kamu Ketahui

begini beda pastor dan pendeta yang harus diketahui

Banyak yang belum mengetahui Pendeta dan Pastor adalah jabatan yang berbeda. Di Indonesia, Pendeta adalah sebutan untuk pemimpin gereja dalam agama Kristen Protestan. Sedangkan Pastor adalah sebutan untuk pemimpin gereja dalam agama Katolik. 

Lalu apa perbedaan antara Pendeta dan Pastor? Yuk simak selengkapnya!

Pastor Hanya Untuk Pria 

Hanya pria yang dapat menjadi seorang pastor, sedangkan untuk pendeta bisa pria maupun wanita. Selain itu seorang pastor diharuskan untuk hidup selibat. Sedangkan seorang pendeta diperkenankan untuk menikah dan membangun rumah tangga. 

Harus Menempuh Pendidikan

Untuk menjadi Pastor, seseorang harus mengikuti pendidikan Seminari selama 9-12 tahun. Sedangkan untuk menjadi Pendeta, seseorang harus memiliki buah-buah roh kudus dan menempuh pendidikan khusus di Sekolah Teologi jurusan Pendeta. 

(florespos)

Pendeta Pemimpin Gerejanya Sendiri

Pastor memimpin gereja yang dibangun oleh kongregasi atau organisasi katolik. Sedangkan Pendeta memimpin gereja yang dibangun oleh Pendeta tersebut sendiri. Jika belum memiliki gedung sendiri, bisa menggunakan rumah atau menyewa ruko untuk dijadikan tempat ibadah. 

Penginjilan 

Banyak Pendeta yang terlibat aktif dalam melakukan penginjilan keluar untuk mendapatkan jemaat di gerejanya. Sedangkan pastor disibukkan dengan tugas-tugas pokok tujuan hidup orang Kristen yang diberikan kepadanya, sehingga nyaris tidak pernah melakukan penginjilan keluar. 

(dw.com)