Siap Traveling, Ini Lho Batas Ukuran Koper Kabin Pesawat

Wisata memang menyenangkan, namun apa jadinya jika ternyata ukuran koper kabin melebihi kapasitas yang disediakan pesawat?

Melakukan perjalanan wisata tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun apa jadinya jika ternyata anda menemui kendala karena ukuran koper kabin melebihi kapasitas yang disediakan pesawat, pasti merepotkan. Nah, agar tidak mengalami kendala tersebut, yuk, pahami dulu batas ukuran kabin  dari berbagai maskapai penerbangan yang ada di Indonesia!

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memiliki kebijakan ukuran koper yang boleh masuk kabin pesawat dengan panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm. Untuk beratnya, tidak boleh lebih dari 7 kg. Sedangkan untuk Economy Class CRJ dan ATR, batas ukuran koper tidak lebih dari 41 cm, lebar 34 cm atau tebal 17 cm.

Jetstar

Ukuran Koper Kabin dalam Pesawat (via Tribunnews)

Maskapai penerbangkan Jetstar memperbolehkan anda membawa 2 jenis barang untuk masuk ke dalam pesawat, yakni barang utama seperti koper yang memiliki ukuran tidak lebih dari 56 x 36 x 23 cm, dan barang kecil seperti tas jinjing atau tas ransel. Yang perlu dicatat adalah kedua barang tersebut tidak lebih dari 7 kg.

AirAsia

Ukuran Koper Kabin dalam Pesawat (via Karosatuklik)

Seperti halnya Jetstar, maskapai penerbangan AirAsia juga memperbolehkan anda membawa koper dengan ukuran maksimal 56 x 36 x 23 cm. Sedangkan untuk tas harus memiliki ukuran tidak lebih dari 40 x 30 x 10 cm.

Lion Air

Ukuran Koper Kabin dalam Pesawat (via Kompas)

Untuk ukuran kabin Lion Air, maskapai ini memiliki kebijakan maksimal koper berukuran 40 x 30 x 20 cm dengan berat maksimal 7kg.

Emirates

Ukuran Koper Kabin dalam Pesawat (via Kompas)

Kebijakan maskapai penerbangan Emirates dibagi menjadi 3 tergantung kelas yang anda gunakan, yakni kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Untuk kelas ekonomi, anda diperbolehkan membawa koper dengan ukuran tidak lebih dari 55 x 38 x 20 cm. Sedangkan untuk kelas bisnis dan utama, anda diperbolehkan membawa 2 jenis koper dengan masing-masing koper tidak lebih dari 45 x 35 x 20 cm dan 55 x 38 x 20 cm. 

Itulah batas ukuran koper kabin  pesawat yang wajib anda ketahui sebelum melakukan perjalanan. Semoga membantu. Pastikan barang yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang disediakan pesawat agar perjalanan tidak terganggu.

Ukuran Koper Kabin dalam Pesawat (via iNews)