Perlu Tahu, Ini Batas Laut Pulau Jawa dan Kondisi Geografisnya

Pulau Jawa adalah pulau yang memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi di Indonesia. Tapi tahukah kamu di mana batas laut pulau Jawa?

Pulau Jawa  adalah pulau yang memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi di Indonesia. Pulau yang memiliki luas mencapai 128.297 km² ini merupakan pulau terbesar ke 5 di Indonesia dan menduduki peringkat ke 13 sebagai pulau terbesar di dunia. Tapi tahukah kamu di mana batas laut pulau Jawa?

Pulau ini dibagi menjadi 6 provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Dan terdiri dari pulau-pulau kecil yang mengelilinginya, salah satunya yang paling terkenal adalah Pulau Madura.

Kondisi Geografis

Secara astronomis, Pulau Jawa terletak di antara 113°48′10″ - 113°48′26″ BT dan 7°50′10″ - 7°56′41″ LS. Sedangkan secara Geografis, Pulau Jawa memiliki 2 batas, yakni batas daratan dan lautan. 

Batas Daratan Pulau Jawa

Batas Laut Pulau Jawa (via Sejarah Negara)

Batas daratan sebalah utara pulau Jawa adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan. Sedangkan di sebelah selatan, Pulau Jawa berbatasan dengan Samudera Hindia. Batas barat Pulau Jawa adalah Selat Sunda dan Pulau Sumatera, untuk batas timur, Pulau Jawa berbatasan dengan Selat Bali dan Pulai Bali.

Batas Lautan Pulau Jawa

Batas Laut Pulau Jawa (via Sociolla)

Secara geografis, Pulau Jawa juga dibatasi oleh lautan, yakni Laut Jawa sebagai batas di sebelah utara. Sedangkan batas di selatan adalah Samudera Hindia. Batas barat yakni Selat Sunda dan batas timur adalah Selat Bali.

Selain tempat berdirinya ibu kota negara, Pulau Jawa juga dikenal memiliki banyak gunung dengan pemandangan alam yang indah, seperti Gunung Semeru, Lawu, Ijen, Bromo, Tangkuban Perahu, dan masih banyak lagi. 

Pulau ini pun memiliki beberapa pantai yang terkenal akan keindahan alamnya, di antaranya adalah Pantai Parangtritis, Tanjung Lesung, Teluk Bidadari, Pangandaran, dan masih banyak lainya. Itulah penjelasan singkat tentang geografis serta batas laut Pulau Jawa . Semoga bermanfaat!

Batas Laut Pulau Jawa (via Tribunnews)