Akhirnya Pecah Telur, Negara Ini Laporkan Kasus COVID-19 Pertama Setelah Pandemi Hampir 2 Tahun

Negara di kawasan Pasifik Selatan, Kepulauan Cook melaporkan ada pasien COVID-19 pertama setelah hampir 2 tahun pandemi terjadi di dunia.

Ketika seluruh dunia menghadapi pandemi COVID-19 , namun hal itu hampir tidak dirasakan oleh sebuah negara kecil di kawasan Pasifik Selatan bernama Kepulauan Cook. Kasus COVID-19 di negara yang dekat New Zealand tidak pernah ada. 

Apalagi negara dengan penduduk sekitar 17 ribu orang ini sudah menjalani proses vaksinasi. 96 persen penduduknya sudah melakukan vaksin lengkap atau dua dosis vaksin COVID-19.

ABC News melaporkan justru baru-baru ini untuk pertama kalinya kasus COVID-19 di negara ini akhirnya muncul saat seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun dinyatakan positif COVID-19. Bocah itu baru saja pergi bersama keluarganya keluar negeri, dan sempat menjalani proses karantina.

Pihak pemerintah melalui Perdana Menteri yakni Mark Brown memberikan pernyataan jika anak laki-laki itu baru saja pulang dari New Zealand. Tentu pemerintah setempat merasa kecolongan karena adanya kasus ini.

Lantas bagaimana kondisi para penumpang yang kebetulan satu pesawat dengan bocah 10 tahun tersebut? Termasuk apakah ada anggota keluarganya yang juga terpapar COVID-19 usai dari New Zealand?

Brown mengatakan seluruh penumpang termasuk awak kabin dan keluarga bocah itu sudah menjalani serangkaian tes dan hasilnya semua negatif COVID-19.

Negara Kepulauan Cook Minim Kasus COVID-19 (Eturbo News)

Kepulauan Cook selama pandemi COVID-19 memang menutup pintu rapat-rapat akses bagi warganya untuk keluar dan datang dari luar negeri. Termasuk menutup jalur wisatawan atau orang asing dari luar. 

Namun kemungkinan besar pemerintah Kepulauan Cook akan mulai membuka tahap demi tahap akses wisatawan  dari luar negeri untuk masuk ke negara terssebut meski pandemi COVID-19  masih terjadi di seluruh dunia.

Ilustrasi Pasien COVID-19 (Bisnis.com)