Ikuti Tips dan Trik Membeli Mobil Bekas Ini Agar Tidak Tertipu Penjual

pastikan lakukan hal ini sebelum membeli mobil bekas

Membeli mobil bekas memang tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi jika kamu awan dengan mobil dan hanya mengandalkan penjelasan dari makelar. Sebenarnya ada banyak keuntungan membeli mobil bekas dibanding mobil baru. Nah biar kamu tidak kena tipu saat membeli mobil, lebih baik ikuti tips dan trik dalam membeli mobil bekas di bawah ini yuk! 

Lakukan Survey Langsung Sebelum Membeli 

Pastikan untuk langsung ke dealer offline atau langsung ke yang bersangkutan sebelum kamu membeli mobil bekas. Hal ini bisa memudahkan untuk mengecek secara langsung kondisi dalam dan luar mobil. Karena jika hanya dilakukan via online akan memberikan banyak peluang untuk penipuan kondisi mobil. 

(Nopphon_1987 Via Shutterstock)

Lakukan Pengecekan Detail pada Mobil 

Beberapa komponen yang wajib kamu cek sebelum membeli mobil incaranmu adalah pastikan body mobil tidak mengalami modifikasi karena bisa saja menjadi mobil bekas tabrakan. Cek kap mesin, apakah ada sisa debu di dalamnya. Bunyikan mesin 5-10 menit dan buka kap untuk mendengar apakah suara mesin halus atau tersendat. Jangan lupa untuk cek suspensi, aki mobil, ban mobil, dan kampas rem juga. 

Periksa Riwayat Service dan Test Drive

Memeriksa riwayat service sangat diperlukan karena bisa membantumu memeriksa kondisi mobil tentang bagaimana pemilik sebelumnya melakukan perawatan. Jangan lupa lakukan test drive untuk memeriksa kelayakan dan memahami kondisi mobil sebenarnya. 

(Aktivitas tempat penjualan mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (10-6). (Liputan6.com-Angga yuniar))