Weekend Males Masak yang Ribet? Yuk, Cobain Resep Sayur Asem Sunda yang Simpel dan Cocok untuk Menu Makan Siang

Weekend Males Masak yang Ribet? Yuk, Cobain Resep Sayur Asem Sunda yang Simpel dan Cocok untuk Menu Makan Siang

Bunda sudah terpikirkan makanan untuk makan siang? Kalau belum, Bunda dapat membuat sayur asem untuk menu makan siang kali ini. Salah satu makanan khas Sunda ini cocok untuk disantap ketika siang hari sebagai pelengkap makanan utama.

Rasa gurih, asam, dan sedikit pedas dari sayur asem membuat hidangan ini dapat menggugah selera makan sekaligus menyegarkan badan karena terdiri dari berbagai macam sayuran yang pasti baik untuk tubuh. 

Cita rasa yang khas untuk lidah warga Indonesia, membuat sayur asem kerap menjadi pilihan. Penasaran dengan resepnya? Langsung simak saja resep sayur asem Sunda di bawah ini, ya!

Resep Sayur Asem Sunda

Bahan-Bahan:

2 buah (450 gram) jagung, dipotong-potong 

50 gram kacang tanah 

25 gram buah melinjo 

2 cm lengkuas, dimemarkan 

2 lembar daun salam 

5 lonjor kacang panjang, dipotong 

3 cm 200 gram labu siam, dikupas, dipotong kotak 

3 buah (40 gram) cabai hijau, dipotong 

25 gram daun melinjo 

1 sendok makan asam jawa 

5 sendok teh gula merah 

3 1/2 sendok teh garam 

2500 ml air 

Bahan Bumbu Halus: 

6 butir bawang merah 

3 butir kemiri, disangrai 

2 buah cabai merah 

1/2 sendok teh terasi, dibakar

Sayur Asem Sunda dan Pelengkapnya (Qraved)

Langkah-Langkah:

1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat sayur asem. Lalu, masukkan bawang merah, kemiri sangrai, cabai merah, terasi yang sudah dibakar ke dalam blender atau ulekan. Lalu, haluskan bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus. Sisihkan.

2. Siapkan wadah untuk membuat sayur asem. Kemudian, masukkan jagung, kacang tanah, dan buah melinjo ke dalamnya. Rebus ketiga bahan tersebut sampai lunak. Jika sudah, tambahkan bumbu halus, lengkuas, dan daun salam ke dalam rebusan. Masak sampai mendidih.

3. Setelah itu, masukkan kacang panjang, labu siam, cabai hijau, dan daun melinjo ke dalam rebusan. Masak sampai bahan tersebut layu. Jika sudah, tambahkan juga asam jawa, gula merah, dan garam. Aduk sampai tercampur rata.

4. Rebus semua bahan sampai mendidih kembali dan matang. Jika sudah matang, matikan kompor dan sajikan sayur asem di mangkuk saji. Sayur asem Sunda telah siap untuk dihidangkan.

Untuk menambah kenikmatan sayur asem, Bunda dapat menyantap makanan ini bersama dengan sambal, ikan asin, ataupun tempe goreng.

Nah, itu tadi resep sayur asem Sunda yang dapat Bunda praktikkan di rumah. Bagaimana dengan resep di atas? Mudah bukan untuk membuatnya? Yuk, segera coba resepnya dan sajikan sayur asem Sunda untuk keluarga Bunda di rumah!

Sayur Asem Sunda dan Pelengkapnya (KATE.ID)