Tips Cuci Baju saat Musim Hujan Agar Pakaian Tidak Mudah Apek

Mau tidak mau, baju kotor akan lebih cepat menumpuk. Masalahnya, cuci baju saat musim hujan biasanya menimbulkan kekesalan yang baru. Apa solusinya?

Sebagai orang yang lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, musim hujan membuat baju yang kita pakai mudah kotor. Mau tidak mau, baju kotor akan lebih cepat menumpuk. Masalahnya, cuci baju  saat musim hujan biasanya menimbulkan kekesalan yang baru.

Baju jadi bau apek dan kumal karena tidak terjemur sampai kering. Parahnya lagi, jamur bisa saja menempel. Untuk mengatasi semua masalah tersebut, kamu perlu tahu beberapa tips mencuci baju yang tepat saat musim hujan. Simak baik-baik, ya.

1. Cuci menggunakan mesin cuci

Mencuci baju menggunakan mesin cuci akan sangat membantu proses pencucian lebih cepat. Namun, jangan lupa memisahkan baju yang berwarna putih dengan yang lain, ya. Bila perlu, cuci baju berwarna putih secara manual, sehingga kamu bisa lebih teliti terhadap noda.

2. Memastikan proses bilas benar-benar bersih

Tips Cuci Baju saat Musim Hujan (via C&W Appliance)

Mencuci dengan mesin cuci atau manual, sebaiknya pastikan bahwa buih detergen sudah benar-benar luruh semuanya. Buih detergen yang tertinggal akan menyebabkan bau pada baju.

3. Menggunakan pewangi baju yang lembut

Tips Cuci Baju saat Musim Hujan (via Kamini.id)

Setelah sudah benar-benar bersih dari buih detergen, gunakan pewangi baju dengan aroma yang lembut dan tidak menyengat.

4. Mengeringkan dengan pengering dan hanger

Tips Cuci Baju saat Musim Hujan (via Product Nation)

Setelah mengeringkan baju dengan pengering, gantunglah semua baju dengan hanger. Pastikan baju tergantung dalam kondisi renggang dan kainnya tidak saling menumpuk.

Gantung hanger di luar atau dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Pengeringan juga bisa lebih cepat dengan memanfaatkan kipas angin.

5. Setrika baju setelah benar-benar kering

Tips Cuci Baju saat Musim Hujan (via KlikDokter)

Sebelum menyetrika, kamu harus pastikan bahwa baju sudah benar-benar kering. Atur panas setrika sesuai dengan bahan baju. Pastikan suhu tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Itu dia tips cuci baju saat musim hujan agar pakaian tidak mudah apek. Hujan-hujan begini, sebaiknya jangan ambil risiko dengan menggunakan cara kurang efektif saat mencuci. Semoga tips di atas cukup membantu, ya!

Tips Cuci Baju saat Musim Hujan (via Kompas)