5 Hobi Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja

Menutupi depresi dengan cara terlihat bahagia merupakan satu cara yang paling tidak disarankan karena tidak membuat kesehatan mental kita membaik.

Siapa bilang selalu terlihat ceria dan tertawa menandakan orang tersebut bahagia? Malahan hal itu bisa menjadi ciri-ciri orang sedang mengalami masalah kesehatan mental, loh. Penelitian menyebutkan, banyak orang yang sedang mengalami depresi atau stres menutupinya dengan cara terlihat bahagia.

Tentu cara tersebut tidak selalu benar, karena masih banyak cara lain yang lebih baik agar terhindar dari masalah kesehatan mental, salah satunya adalah menyalurkannya melalui hobi. Nah, berikut ini adalah 5 hobi yang bisa kamu coba saat kamu merasa stres atau depresi.

1. Menulis

Menulis adalah cara yang paling tepat untuk menyalurkan semua kegelisahanmu selama ini. Buatlah tulisan-tulisan sederhana seperti menu sarapan, kegiatan di sekolah, belanja ke pasar, atau hal-hal menarik yang kamu temui dalam aktivitasmu sepanjang hari.

2. Menggambar

Hobi Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja (via Artikula)

Selain menulis, menggambar atau melukis juga bisa menjadi cara untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Kamu bisa menggambar apapun yang ada di benakmu saat itu, tak perlu bagus, karena kamu menggambar untuk dirimu sendiri bukan untuk dipuji orang lain.

3. Berenang

Hobi Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja (via PRFM News)

Selain menyehatkan fisik, berenang juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan mental. Dibanding dengan olahraga lain, berenang merupakan olahraga yang membuat tubuh terasa segar, hal itulah yang dapat membuat pikiran menjadi rileks.

4. Memasak

Hobi Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja (via Halodoc)

Hobi lain yang membantu kesehatan mental adalah memasak. Yup, hobi yang satu ini merupakan salah satu cara meditasi yang menyenangkan, karena saat memasak kamu dituntut untuk melakukan step by step setiap prosesnya, mulai dari bahan mentah sampai menjadi masakan yang siap untuk disantap.

5. Bermain Musik

Hobi Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja (via Republika)

Kamu juga bisa menyalurkan semua perasaanmu dengan bermain musik. Dengan cara ini kamu bisa mengutarakan apa saja yang ada dalam benakmu. Pilihlah lagu-lagu yang memotivasimu untuk menjadi lebih baik.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental walaupun seberat apapun yang kamu alami. Hobi menyenangkan di atas bisa kamu lakukan sesering mungkin agar kesehatan mental  tetap terjaga dan tidak mudah stres apalagi depresi.

Hobi Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja (via hot Liputan6)