Kota Singapura di Malam Hari Tuh Begini Asiknya... Simak Nih Fakta-Faktanya

Kota Singapura di malam hari tuh indah banget. Kalian harus cobain jalan-jalan malem di Kota Singa itu.

Kota Singapura di malam hari gak akan bikin bosen untuk dijelajahi. Sama kayak pas siang sih, tapi risikonya ya itu... panas!

Negara ini, seperti kalian tau, terletak di ujung selatannya Malaysia. Negara ini kecil banget, wilayahnya terbatas. Tapi punya perekonomian yang kuat, dan tingkat disiplin warganya yang baik.

Orang Indonesia sering membanjiri banyak wilayah di sana untuk berbelanja. Kalian pasti salah satunya. Nah, kalo udah pernah ke sana dan jalan-jalan cuman siang hari, kalian harus nikmatin kota Singapura di malam hari beserta segala hal yang bikin kalian terpesona nih. 

Apa aja? Simak nih deretan faktanya.

#1

Wilayah Singapura emang kecil, sempit pula. Tapi kalian mungkin gak tau kalo negara yang secuil ini sebenernya punya beberapa pulau lepas pantai. Mulai dari Pulau Sentosa, Pulau Ubin, Pulau St John, hingga kepulauan Sisters. 

Kalian harus jajal main ke pulau-pulau itu kayaknya. Pas malem, kontras banget sama pulau di seberangnya, pulau-pulau yang masuk dalam bagian Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Peta Singapura (fotolip.com)

#2

Kalian pernah ke kebun binatang? Biasanya siang kan? Kalo di Singapura, ada juga tuh kebun binatang yang bukanya malam. Namanya Singapore Night Safari. 

Pengalaman mengunjungi kebun binatang malam hari tuh berkesan banget. Kebun binatang malam hari ini dibuka sejak 1994, dan disebut sebagai kebun binatang pertama dengan konsep malam hari. Luasnya 35 hektar dan memiliki lebih dari 1.000 koleksi hewan. Jajal deh, asik kok.

Coba nih ke Singapore Night Safari(balirafting.xyz)

#3

Wildlife Reserves Singapore menyebutkan bahwa air terjun buatan manusia pertama dibangun di Jurong Bird Park. Hebatnya, itu dibangun pada tahun 1971 lalu. Air terjun itu punya ketinggian 30 meter.

Nah, kalian bisa main ke sana atau bisa juga mengunjungi air terjun indoor setinggi 35 meter di Cloud Forest, Gardens by the Bay. Btw, tahun 2018 ini, Singapura juga mau bikin air terjun buatan lagi di Changi International Airport. 

Satu lagi adalah The Rain Vortex, air terjun setinggi 40 meter di dalam ruangan dan dikelilingi pepohonan atau tanaman yang rimbun. Ya, Singapura emang perlu melakukan itu~

Asik kan ngelit air terjun malem-malem (okthere.com)

#4

Singapura adalah negara pertama di dunia yang mempelopori balapan F1 di malam hari. Pertama kali digelar pada 2008 dan rasanya emang langsung beda banget!

Tahun 2018 ini, gelaran Formula 1 Singapore Grand Prix akan dirayakan sebagai 10 tahunnya negeri itu menyelenggarakan balapan malam hari. Jet-jet darat itu saling memperebutkan juara di trek jalan raya di kawasan Marina Bay.

Pendukung utama balapan itu adalah lampu sorot yang bikin jalan raya biasa jadi spektakuler banget pas malem hari. Seru nih....

Balapan malam hari di Singapura (singaporegp.sg)

#5

Negeri Singa ini juga disebut sebagai kota paling hijau di dunia. Taman-taman kota di Singapura banyak banget. Hampir setengah dari luas daratan Singapura adalah wilayah yang masih 'hijau'!

Singapura juga menjadi rumah bagi lebih dari 2.100 spesies tanaman vaskular. Bukit Timah Nature Reserve punya banyak jenis pohon. Sekitar 1 hektar lahannya diisi spesies pohon yang asal Amerika Utara.

Bukit Timah Nature Reserve (gotravelly.com)

#6

Tahun 2015 lalu, UNESCO menobatkan Singapore Botanic Gardens sebagai Situs Warisan Dunia. Tempat itu punya sejarah panjang dan telah dibuka sejak 1859 silam. Lebih dari 100 tahun gengs!

Singapura juga punya Taman Anggrek Nasional yang punya koleksi spesies anggrek terbanyak. Anggrek punya disebut juga oleh masyarakat sana sebagai Tanaman VIP. Ada 200-an anggrek hibrida di sana gengs, dan udah di kasih nama semua. Sisanya masih banyak lagi.

Main ke sini deh, adem (expatliving.sg)

#7

Ada banyak daerah terpencil yang menarik untuk dijelajahi. Jadi gak cuman kawasan Chinatown, Kampong Glam, atau Little India aja tuh. Berbagai sudut kota juga punya ragam sejarah yang asik untuk dikulik.

Di sana kita masih bisa menemukan deretan toko atau restoran bergaya kolonial atau Art-Deco yang masih dijaga keasliannya. Coba main deh ke Tiong Bahru atau toko-toko yang berwarna-warni di kawasan Joo Chiat atau Katong.

Itu dulu deh gengs asiknya kota Singapura di malam hari. Kalo belom pernah, tunggu apalagi sih? Jajal serunya Singapura di malam hari bersama keluarga atau pasangan kalian. Yok, main yok... ke Singgapur!

Kawasan Little India di malam hari (makemytrip.com)