Kenali Penyebab Kucing yang Nggak Mau Makan, Pertanda Sedang Sakit

Kenali Penyebab Kucing yang Nggak Mau Makan, Pertanda Sedang Sakit

Kucing yang tiba-tiba nggak mau makan udah umum terjadi di kalangan cat lovers yang melihara kucing. Banyak hal yang bisa nyebabin kucing mager makan, bisa karena dia bosan sama menu makanannya, bisa juga karena hal yang serius; masalah kesehatan.

Kamu harus segera konsultasi dengan dokter hewan bila kamu lihat perubahan dalam kebiasaan makan kucing peliharaan. Makin cepat kamu merespons masalah, semakin kamu mampu melakukan sesuatu yang dapat membantu dan meningkatkan kembali kondisi kesehatannya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kucing nggak mau makan secara umum:

1. Penyakit Pernapasan

Masalah pernapasan bisa mempengaruhi indra penciuman kucing atau kemampuan untuk bernapas dan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Penyakit pernapasan bisa menyebabkan penyumbatan hidung dan mata kucing dengan keluarnya kotoran, sehingga mengakibatkan kehilangan atau pembatasan penglihatan dan bau untuk sementara.

2. Penyakit Pencernaan

https://www.pexels.com/

Masalah dengan perut, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing dapat menyebabkan kucing mogok makan. Kucing mungkin juga muntah dan mengalami diare atau sakit perut. Tetapi biasanya, penurunan nafsu makan akan menjadi salah satu tanda pertama dari masalah sistem pencernaan.

3. Menelan Benda Asing

https://www.pexels.com/

Beberapa kucing suka memakan hal-hal aneh, yang bisa tersangkut di perut atau usus. Benda asing yang tersangkut di kucing kemudian dapat menjadi penghalang yang nggak akan membiarkan makanan melewati saluran pencernaan dan karenanya kucing bisa muntah, maka kemungkinan besar berhenti makan. Beberapa benda asing yang dapat melewati sistem pencernaan kucing Anda akan menyebabkan muntah, diare, dan juga kurang nafsu makan.

4. Rasa Makanan

https://www.pexels.com/

Selera makan kucing adalah hal yang unik, jadi ada baiknya untuk mengenali apa varian rasa yang disukai oleh kucingmu. Biasanya hewan peliharaan yang satu ini cukup menggemari makanan yang mengandung ikan, seperti tuna, salmon, tenggiri, atau bahkan ikan laut.

https://www.pexels.com/