Jangan Sampai Mogok di Tengah Jalan, Bagian-bagian Motor Ini Harus Rajin Dicek Saat Musim Hujan Seperti Ini

Jangan Sampai Mogok di Tengah Jalan, Bagian-bagian Motor Ini Harus Rajin Dicek Saat Musim Hujan Seperti Ini

Musim hujan udah tiba nih, daripada kamu  galau mulu pas hujan mending rawat motor kamu, soalnya motor kalo kamu sayangi tuh dia bakal lebih sayang lagi ke kamu, nggak kaya gebetanmu yang gitu-gitu aja hehehe.

Selain harus rajin dicuci setiap abis keujanan, beberapa bagian motor ini bahkan perlu perawatan ekstra kala musim hujan turun, tujuannya apa? Ya biar nggak mogok ditengah jalan dong, masa uda ujan, banjir, masi harus dorong motor mogok pula aduh rusak tatanan dunia deh.

Nih kita kasi bocoran, bagian apa aja yang harus dirawat ekstra serta sering-sering dicek di kala musim hujan datang. Apa aja itu? Yuk kita intip artikel berikut.

1. Busi

Busi dan tutup pusi ini pegang peran penting looh dalam motor kesayanganmu, karena tugasnya adlaah untuk menciptakan percikan api untuk ruang pembakaran mesin. Jangkan basah, tutup busi kamu kebasahan aja udah berabe motor nggak mau nyala. Karena emang part ssatu ini sensitif banget kaya cewe lagi mens.

Cek berkala kondisi tutup busi, cabut copnya dan pastikan ngga ada air dan kotoran di sana.

2. Saringan Udara

https://media.torque.com.sg/public/2019/

Saringan udara ini kodratnya nggak boleh kemasukan air yaa, karena, yang boleh masuk lewat saringan udara ini hanya udara aja kaya namanya. Kalo kemasukan air gimana kak? Yah berabe dong, soalnya dari saluran udara ini langsung masuk ke blok mesin, jadi bayangin aja kompormu lagi nyala terus disiram air.

Jika komponen motor yang satu ini basah, maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu sehingga performa motor akan terasa berat serta kurang bertenaga. Oleh sebab itu, pastikan komponen saringan udara tidak tersumbat.

3. Knalpot

https://www.yamaha-motor.co.id/uploads/

Knalpot adalah saluran pembuangan udara dari ruang pembakaran, kalo knalan itu pengen deket sama kamu hehehe. Knalpot pada waktu hujan-hujan gini harus sering dicek yaa.

Kotoran air saat hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian bodi atau spakbor, tapi juga menempel pada bagian dalam leher knlapot. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.

4. CVT

https://s0.bukalapak.com/img/

CVT adalah bagian penggerak pada motor matic, atau kalau di istilahnya motor bebek adalah rantai. Kalo hujan-hujan sih nggak masalah yaa, karena box cvt ini bakal aman, tapi lain cerita kalo kalian nerjang banjir, hasilnya bisa gawat.

Khusus untuk pengguna motor matik, sangat tidak disarankan untuk melewati genangan air yang menutupi mesin atau bahkan terendam. 

https://i.ytimg.com/vi/iwjV8iuYlW8/