Deretan Teknik Pengobatan Menyeramkan yang Masih Dipakai Hingga Saat Ini

mulai dari mengobati lubang hingga menggunakan lintah, inilah teknik pengobatan ekstrim yang masih digunakan hingga saat ini

Semakin majunya teknologi, dunia kesehatan masa kini juga semakin maju. Namun siapa sangka, ada beberapa metode atau teknik yang di masa lalu dianggap berbahaya dan tidak manusiawi kini ternyata digunakan kembali untuk mengobati gangguan kesehatan tertentu. 

Penasaran teknik pengobatan menyeramkan apa saja yang dipakai hingga saat ini? Yuk simak selengkapnya!

Bloodletting 

Ini adalah metode dimana darah pasien akan dikeluarkan secara sengaja. Bisa menggunakan berbagai alat hingga lintah. Saat ini teknik ini digunakan untuk mengobati hemokromatosis (suatu gangguan kesehatan genetis yang kelebihan zat besi). 

Terapi Lintah

(Bloodletting via history.com)

Dulu terapi ini disebut sangat menyeramkan mengingat darah harus disedot oleh hewan yang terlihat menjijikkan. Padahal, saat ini lintah kembali digunakan untuk mengobati penyumbatan urat darah. Suatu kondisi dimana darah mengumpul pada bagian tertentu dan tidak bisa mengalir secara normal. 

Trepanasi 

(Terapi Lintah via halodoc.com)

Pada teknik ini tengkorak pasien akan dilubangi dan telah dipraktikkan sejak 7.000 tahun yang lalu. Biasanya untuk mengobati migrain. Meskipun terlihat mengerikan, trepanasi masih digunakan hingga saat ini dengan peralatan yang lebih canggih dan akurat. 

Lobotomi 

(Trepanasi via liputan6.com)

Dalam metode ini, dokter akan membuat lubang kecil pada tengkorak pasien untuk memutus jaringan saraf yang menghubungkan frontal lobe ke bagian otak lain. Digunakan sejak 1930 an untuk mengobati masalah kejiwaan seperti epilepsi, schizophrenia, dan bipolar. Hingga saat ini Lobotomi masih dipakai untuk mengobati pasien dengan masalah gangguan obsesif kompulsif. 

(Lobotomi via akurat.co)