Ini Dia Resep Jamu Pelangsing Alami Warisan Turun Temurun

Indonesia memiliki bermacam-macam warisan resep jamu untuk kesehatan, salah satunya adalah resep jamu pelangsing alami yang telah diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang.

Selain terkenal dengan aneka macam kuliner yang mendunia, Indonesia juga memiliki aneka macam resep jamu pelangsing alami yang diwariskan secara turun temurun sejak zaman dulu hingga saat ini.

Memiliki bentuk tubuh langsing adalah impian bagi kebanyakan wanita. Nah, untuk meraih impian tersebut, simak beberapa resep jamu pelangsing yang bisa kamu buat sendiri di bawah ini.

1. Daun Jati Cina

Daun Jati Cina atau Alexandria senna, sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal sejak abad ke-9. Daun ini memiliki zat laksatif yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengontrol lemak, dan kolesterol dalam tubuh. Cara membuat jamu dari daun jati cina sangat mudah, yakni dengan mencampur 2-3 sendok makan daun dengan air panas. Lalu minum 3 kali sehari sehabis makan.

2. Jahe

Resep Jamu Pelangsing (via Orami)

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga terbukti dapat menurunkan berat badan. Untuk membuat ramuan jahe, pertama-tama siapkan satu ruas jahe dan cuci hingga bersih. Lalu potong tipis dan rebus dalam 2-3 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan jahe siap untuk diminum.

3. Lemon

Resep Jamu Pelangsing (via IDN Times)

Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu untuk melancarkan BAB serta meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh. Cara penyajiannya pun sangat mudah, yakni dengan memeras lemon dan hasil perasan tersebut dicampur dengan air hangat. Minum jamu tersebut setiap hari sebelum makan.

4. Teh Hijau

Resep Jamu Pelangsing (via Alodokter)

Teh hijau dikenal sebagai ramuan yang dapat menjaga nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau juga berperan untuk mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, mempercepat sembuhnya luka, dan bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menyeduh teh hijau dengan campuran perasan lemon atau madu dan minum saat pagi hari sebelum sarapan.

5. Asam Jawa

Resep Jamu Pelangsing (via Kompas)

Asam jawa bermanfaat untuk menguatkan sistem imun, menyehatkan sistem pencernaan dan melancarkan BAB. Untuk membuat resep jamu pelangsing dari asam jawa, langkah awal dengan meremas asam jawa, lalu tambahkan madu atau gula rendah kalori. Kemudian campur dengan air hangat dan aduk rata. Jamu asam jawa pun siap untuk diminum.

Nah, itulah beberapa resep jamu  pelangsing alami warisan turun temurun yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Resep Jamu Pelangsing (via Mommyasia)