Penyakit Sejuta Umat, Sariawan Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Lho!

Penyakit sariawan ternyata tidak bisa dianggap sepele, karena penyakit ini ternyata bisa jadi tanda dari penyakit berbahaya lainnya lho.

Peradangan dalam mulut atau yang dikenal dengan nama sariawan  bisa dibilang penyakit sejuta umat. Bagaimana tidak, hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Biasanya sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu.

Sering diremehkan, siapa yang menyangka jika ternyata sariawan bisa jadi tanda penyakit berbahaya. Berikut ulasannya.

1. Penyakit Autoimun

Menurut para ahli, tanda awal seseorang mengidap penyakit autoimun dapat dilihat dari kemunculan sariawan yang terjadi terus menerus. Beberapa penyakit autoimun tersebut yakni penyakit crohn, lupus, behcet, pemphigus vulgaris, atau rheumatoid arthritis.

2. Gingivostomatitis

Sariawan Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya (via Farmaku)

Orang yang mengidap penyakit infeksi mulut atau gingivostomatitis akan mengalami pembengkakan di area mulut atau gusi. Penyakit ini muncul disebabkan oleh virus atau bakteri, seperti herpes simpleks tipe 1 (HSV-1), infeksi coxsackievirus dan jenis bakteri tertentu (Streptococcus dan Actinomyces).

3. Leukoplakia

Sariawan Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya (via Wikidoc)

Leukoplakia adalah bercak warna putih yang menonjol dan kasar yang muncul pada area mulut. Penyakit ini kerap kali dialami oleh orang yang merokok dan minum alkohol secara berlebihan.

4. Kanker Mulut

Sariawan Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya (via Hello Sehat)

Kamu wajib waspada jika mengalami sariawan hingga sulit menelan, berbicara, dan mati rasa. Karena hal tersebut adalah tanda awal seseorang menderita kanker mulut. Tanda lain kanker mulut adalah saat seseorang mengalami sariawan namun tak kunjung sembuh.

5. Lichen Planus

Sariawan Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya (via IDN Times)

Penyakit lain yang ditandai dengan kemunculan sariawan adalah lichen planus. Penyakit ini tidak hanya menyerang mulut, namun juga kulit, rambut, dan kuku. Jika lichen planus menyerang mulut, maka akan muncul efek sakit, nyeri, dan sensasi rasa terbakar.

Bagaimana? Tenyata sariawan  bukan penyakit sepele seperti yang selama ini kita kira. Rajin menggosok gigi atau membersihkan mulut adalah langkah awal yang baik untuk mencegah diri dari berbagai macam penyakit yang sudah disebutkan di atas.

Sariawan Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya (via IDN Times)