Nikmatnya Fire Chicken, Ayam Saos Pedas ala Richeese

Nikmatnya Fire Chicken, Ayam Saos Pedas ala Richeese

Olahan ayam merupakan salah satu hidangan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Dapat dibuat menjadi berbagai makanan, nggak salah kalau olahan ayam menjadi produk yang sering dicari oleh segala usia. Bahkan, makanan kekinian pun juga banyak yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya.

Salah satu contoh olahan ayam yang banyak digandrungi adalah ayam richeese. Saking banyaknya peminat ayam tersebut, nggak sedikit masyarakat mencoba untuk membuatnya sendiri. Nah, Bunda juga bisa membuatnya di rumah dengan resep ayam richeese pada ulasan di bawah ini, lho.

Ayam ala Richeese merupakan salah satu nama makanan milik franchise ternama di Indonesia. Ayam ini biasanya dibalut dengan kulit yang renyah dan dilumuri lagi dengan saus pedas yang bisa disesuaikan levelnya. Makanan ini menjadi salah satu hidangan yang cocok untuk pecinta pedas. Penasaran bagaimana membuatnya? Bunda bisa membuat ayam ala Richeese di rumah dengan mengikuti panduan resep berikut.

Berikut adalah resep ayam richeese yang wajib Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Bahan Ayam: 

1/2 kg sayap ayam 

Minyak secukupnya 

Bahan Marinasi: 

1 sdm bawang putih bubuk

1/2 sdt garam 

5 sdm susu cair 

Bahan Tepung:

2 sdm tepung terigu 

3 sdm maizena

1/2 sdt garam 

1 sdt kaldu bubuk 

Fire Chicken, Ayam Saos Pedas ala Richeese (Viva)

Bahan Saos: 

2 sdm saos sambal 

3 sdm saos tomat 

3 sdm gula Margarin

2 sdm cabai bubuk halus  

3 siung bawang putih yang telah dicincang

Langkah-langkah:

- Siapkan seluruh bahan yang akan digunakan untuk membuat ayam richeese. Kemudian, cuci bersih ayam dan marinasi menggunakan bawang putih, garam, dan susu cair sesuai dengan yang tertera di bagian bahan-bahan.

- Aduk dan remas-remas ayam yang telah diberikan bumbu marinasi. Lalu, diamkan selama 30 menit di dalam kulkas.

- Sambil menunggu ayam dimarinasi, siapkan bahan tepung untuk melumuri ayam. Campurkan 2 sdm tepung terigu, 3 sdm maizena, 1/2 sdt garam, dan 1 sdt kaldu bubuk, kemudian aduk hingga merata.

- Setelah 30 menit, keluarkan ayam dari kulkas. Diamkan sebentar sebelum ayam dilumuri dengan tepung.

- Lumuri seluruh bagian ayam dengan tepung yang telah dibuat. Remas-remas agar semua bagian dapat tertutup dengan sempurna.

- Panaskan minyak dan goreng ayam dengan api kecil. Tunggu sampai warna dari ayam berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu, tiriskan ayam dan buat bahan saus.

- Tumis bawang putih yang telah dicincang hingga harum menggunakan margarin dengan api kecil. Setelah itu, masukan saus sambal, saus tomat, cabai bubuk halus, dan gula ke dalam tumisan bawang putih dan aduk hingga rata.

- Tunggu sampai ada letupan dari saus, lalu masukan ayam yang telah digoreng. Aduk ayam dan saus hingga merata.

- Jika sudah, matikan kompor, angkat ayam, dan sajikan di piring.

Nah, itu tadi merupakan resep ayam richeese yang bisa Bunda coba di rumah. Bunda juga bisa membuat tingkat kepedasannya sesuai dengan selera. Selamat mencoba, ya!

Fire Chicken, Ayam Saos Pedas ala Richeese (Richeese Factory)