Luwak White Coffee Terbakar? Ini Penyebabnya...

Luwak White Coffee sempat jadi viral videonya karena bisa terbakar. Sebenarnya hal itu wajar-wajar aja loh untuk kopi bubuk.

Video yang menampilkan kopi instan Luwak White Coffee yang terbakar bikin heboh beberapa waktu lalu. Karena video itu, para penikmat kopi tersebut jadi auto-panik buat mengonsumsi minuman kesukaannya. Waduh!

Dikutip dari Livestrong.com, kopi instan emang mengandung zat kimia yang bersifat eksplosif alias mudah terbakar.  Tapi konsumsi bahan kimia tersebut dalam kopi instan gak banyak. Makanya gak berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Sebenarnya, dalam kemasan sachet kopi instan mengandung sodium aluminosilicate yang merupakan bagian dari bahan creamer.  

Hasil kembangan susu ini kerap digunakan sesuai selera penikmat kopi apalagi di Luwak White Coffee .

Kandungan sodium aluminosilicate mencegah tepung creamer menggumpal (anticaking agent) saat terkena udara bebas, tanpa harus mengubah kandungan nutrisi dari minuman tersebut. 

Buat rasa, usia simpan, dan masa pakai kopi instan bakal lebih panjang dari pada yang gak pakai bahan kimia. 

Sodium aluminosilicate berbentuk kristal yang gak berbau dan berwarna. Dilansir dari akun Instagram @wowfakta, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberi kode E554, yang menandakan bahan kimia ini aman. 

Bahan tersebut baik dan kerap dipakai dalam produk pangan di masyarakat. Ternyata bahan kimia tersebut menjadi perisa coklat dalam bubuk kakao, kaldu bubuk dalam sup instan, atau baking powder dalam tepung cake mixes. Juga kuat dugaan terdapat dalam kemasan Luwak White Coffee.

Ragam produk lain yang menggunakan sodium aluminosilicate adalah gula, tepung, keju bubuk, dried whole eggs atau kuning telur.

FDA sudah memberi ketentuan dan membatasi maksimal pemakaian sodium aluminosilicate sebesar dua persen pada keju bubuk, dried whole eggs, dan kuning telur.

Luwak white coffe menjadi perbincangan hangat karena bisa terbakar (amazon.com)

Beberapa nama lain untuk bahan kimia itersebut adalah garam aluminum sodium, sodium silicoaluminate, aluminum sodium silicate, atau garam sodium.

Sebenarnya tuh, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam penjelasan resminya menyebut kopi luwak white coffee yang dimaksud telah melalui evaluasi keamanan dan mutu serta telah mendapat nomor izin edar. 

Berarti, tidak ada risiko yang membahayakan buat kesehatan kita.

Serbuk kopi instan Luwak White Coffee menyala saat disulut api disebabkan karena bentuk serbuk, ringan, berpartikel halus, mengandung minyak, dan memiliki kadar air yang sedikit.

Produk dengan sifat model kayak gitu, disebut mudah tersulut api seperti halnya terigu, bubuk merica, dan sebagainya.

Jadi jangan khawatir ya, awas lo jangan terpancing sama isu yang beredar ya gengs.

Creamer mengandung bahan yang mudah terbakar (riochildrenshospital.com)