Awalnya Ingin Jadi Jurnalis, Ketua DPRD Termuda Mahdiani Bukamo Malah Berakhir jadi Ketua DPRD Balut

Awalnya Ingin Jadi Jurnalis, Ketua DPRD Termuda Mahdiani Bukamo Malah Berakhir jadi Ketua DPRD Balut

Mahdiani Bukamo, adalah wanita kelahiran 1996, putri dari mantan Bupati Banggal Laut (Wenny Bukamo). Meski masih sangat muda, Mahdiani Bukamo adalah seorang Ketua DPRD Banggal Laut Provinsi Sulawesi Tengah.

Ia terjun di dunia politik, tepatnya ke partai yang dipimpin oleh Megawati Sukarnoputri. Mahdiani Bukamo dilantik sebagai Ketua DPRD Banggal laut pada 15 Oktober 2019 lalu. Bersama dengan unsur pimpinan DPRD lainnya seperti Wakil Ketua I Richad Manuad dan Wakil Ketua II Moh. Tanjung Dg Pawara.

# Terpilih Menjadi Legislator Ketika Menyusun Skripsi

Menariknya, Mahdiani terpilih sebagai legislator justru ketika ia masih duduk di bangku kuliah. Tepatnya saat sedang menyususn skripsi.

Sebelumnya, Mahdiani yang skripsi ini bercita-cita jadi jurnalis. Namun nasib malah membawanya ke arah berbeda.

Lalu, ketika ditanya persiapan apa yang ia khusus lakukan perihal pencalonannya menjadi bupati, Mahdiani menjawab seperti ini,

“Barang kali kalau persiapkan gak ada. Waktu itu saya mencalon sebagai calon legislatif masih kuliah di UGM (Universitas Gajah Mada) fakultas filsafat,” ucapnya.

Bupati Banggal Laut (Wenny Bukamo) (tribunnewswiki.com)

Ia diminta ayahnya yang juga Bupati Banggai Laut untuk maju lantaran kala itu ada kekosongan calon perempuan. 

“Kebetulan bapak Bupati Banggai Laut, minta. Sebetulnya bapak saya tidak mau saya terlibat politik, nanti apa kata orang. Dibilang dinastilah. Tapi partai meminta,” kata Ketua DPRD termuda itu.

“Waktu itu saya tidak mengiyakan karena masih fokus ke skripsi. Kemaren itu mau jadi wartawan sebenarnya. Akhirnya takdir membawa saya jadi ketua DPRD. Alhamdulilah tetap saya syukuri,” ungkap Mahdiani

Mahdiani Bukamo ketika sedang memimpin rapat (banggairaya.id)

Selain Mahdiani Bukarno, ada lagi politisi muda yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Tolitoli dari PPP. Ia adalah Randi Syahputra, pria 25 tahun yang dilantik pada 6 September 2019 silam. 

Potret Mahdiani Bukamo ketika menyanyi pop (youtube.com)