Ini Dia Deretan Menantu Jenderal TNI yang Sukses di Militer

Ini Dia Deretan Menantu Jenderal TNI yang Sukses di Militer

Sederet Jenderal TNI kenamaan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Mereka sudah diakui sebagai sosok yang mempunyai kemampuan mumpuni di militer sehingga membuat Indonesia merasa bangga.

Rupanya, jejak keberhasilan mereka juga diikuti oleh para menantunya, lho. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

# Jenderal TNI Andika Perkasa & AM Hendropriyono

Sosok Jenderal TNI Andika Perkasa tengah jadi perbincangan publik setelah dirinya menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Setelah menjalani kelayakan dan kepatutan tes calon panglima TNI di Gedung DPRI RI, kini Komisi I DPR RI menyetujui Kasad Andika menjadi seorang panglima.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," tutur Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu (6/11).

Nah Jenderal TNI Adi Perkasa juga diketahui adalah seorang menantu dari Jenderal TNI AM Hendropriyono. Sama dengan jejak sang menantu, ia merupakan Jenderal dengan latar belakang sebagai prajurit Komandan Pasukan Khusus (Kopassus).

Ia juga dikenal dengan julukan the master of intelligence atau profesor intelijen pertama di dunia. Karinya di dunia militer pun membuat Hendropriyono sering terlibat dalam operasi yang mengagungkan namanya.

# Mayjen Maruli Simanjuntak & Luhut Binsar

Daftar Jenderal TNI yang memiliki mantu yang juga sukses di bidang militer (via merdeka.com)

Sosok selanjutnya adalah Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak yang merupakan menantu dari Menko Luhut Binsar Pandjaitan. Sampai saat ini dirnya masih mengemban amanat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Sebelum menjadi Pangdam IX/Udayana, Mayjen Maruli ialah Komandan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden). Ia pun kemudian menikah dengan putri sulung Luhut bernama Paulina Pandjaitan.

# Luhut Binsar Pandjaitan 

Daftar Jenderal TNI yang memiliki mantu yang juga sukses di bidang militer (via merdeka.com)

Sementara itu, Luhut juga merupakan seorang purnawirawan TNI yang menghabiskan masa karirnya sebagai militer di Kopassus TNI AD. selama di sana, Luhut dikenal sebagai Komandan pertama Detasemen 81.

Selain berhasil di bidang militer, Luhut juga menoreh sukses berkarir di politik Indonesia. Saat ini pun, ia menjadi sebagai Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

# Jenderal Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) & Sarwo Edhi Wibowo

Sementara menantunya, yakni SBY merupakan sosok yang cukup disegani di militer. Ia dikenal sebagai sosok perwira pemikir yang cakap.

Berikutnya ada Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono yang menikah dengan putri ketiga dari Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo. Ia juga ayah dari mantan Kasad, Pramono Edhie Wibowo.

Sarwo Edhie adalah salah satu legenda komandan  Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), kini beralih nama jadi Komandan Pasukan Khusus (Kopassus).

# Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu & Try Sutrisno

Terakhir adalah Jenderal TNI  Ryamizard Ryacudu yang merupakan mantan perwira tinggi militer TNI AD yang sempat menjadi enteri Pertahanan di Kabinet Kerja.  Ia juga sempat bertugas sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dari tahun 2002 hingga 2005.

Ryamizard menikah dengan Nora Tristyana, putri dari Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990-an. Jenderal Try Sutrisno sendiri pernah menjadi Wakil Presiden Indonesia ke-6 periode 1993-1998, serta Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Daftar Jenderal TNI yang memiliki mantu yang juga sukses di bidang militer (via merdeka.com)