Penyakit Mematikan, Ini Obat Stroke Herbal yang Bisa Kamu Coba

Selain menggunakan obat medis dan juga terapi masyarakat kini mulai melirik penggunaan obat stroke herbal, apa sajakah obat herbal tersebut?

Penyakit stroke dikenal sebagai salah satu penyakit yang berbahaya, itu alasan mengapa orang yang mengalami stroke harus segera mendapat penanganan secara medis. Pemberian obat stroke  secepat mungkin bertujuan agar penderita stroke dapat terselamatkan serta mencegah terjadinya cacat jangka panjang. 

Selain melalui obat medis dan terapi, banyak masyarakat percaya obat herbal mampu untuk menyembuhkan penyakit stroke. Meski belum terbukti secara ilmiah, berikut beberapa obat herbal untuk stroke yang bisa kamu coba.

Bawang Putih

Mengkonsumsi bawang putih dipercaya dapat mencegah terjadinya stroke iskemik. Hal tersebut karena bawang putih memiliki kandungan yang dapat melebarkan pembuluh darah. Stroke iskemik sendiri adalah kondisi di mana terjadi penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah otak. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk penyakit kardiovaskular, seperti sakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Kunyit

Obat Stroke Herbal (via Blog Insan Medika)

Obat herbal untuk stroke selanjutnya adalah kunyit. Beberapa penelitian menyebutkan manfaat kunyit berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kunyit juga dapat mencegah penyumbatan di arteri. Bagi penderita yang telah mengalami pasca stroke, kunyit bermanfaat melindungi dan membantu regenerasi sel-sel otak.

Ginseng

Obat Stroke Herbal (via LIF co id)

Ginseng sudah dikenal luas sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk pengobatan stroke. Bagi penderita stroke, ginseng memiliki manfaat untuk meningkatkan memori pada penderita demensia ringan yang disebabkan oleh stroke.

Meskipun diyakini memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit stroke, namun mengkonsumsi obat herbal, seperti bawang putih, kunyit, dan gingseng tetap harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Obat-obat herbal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum dipatenkan sebagai obat stroke.

Obat Stroke Herbal (via Hello Sehat)