Alasan Wanita Nyaman Hidup Sendiri Pasca Perceraian

Banyak wanita memutuskan untuk hidup sendiri setelah perceraian rumah tangganya.

Perceraian  adalah sebuah momen yang menyedihkan banyak wanita. Kehidupan wanita setelah bercerai biasanya akan terpuruk dan membutuhkan banyak waktu untuk move on. Meskipun ada wanita yang memutuskan untuk hidup sendiri pasca bercerai.

Wanita yang memutuskan untuk hidup sendiri setelah menjadi janda dilandasi oleh beberapa faktor, mulai dari faktor keluarga hingga diri sendiri. Berikut ini beberapa alasan wanita nyaman hidup sendiri.

1. Trauma Pernikahan

Trauma pernikahan membuat luka dalam hati wanita. Trauma menjalin rumah tangga karena takut akan bercerai lagi biasanya membuat wanita memilih hidup sendiri. Jika memutuskan akan menikah pun biasanya wanita akan selektif memilih pasangan.

2. Fokus Keluarga

Perceraian membutuhkan energi besar dan waktu. Kadang dalam proses perceraian membuat wanita tak memperhatikan anak atau keluarga yang lain. Karena masalah perceraian sudah selesai, membuat wanita akan fokus mengurus anak dan keluarga.

3. Nyaman dengan Kesendirian

Nyaman dengan kesendiriannya juga menjadi alasan wanita tak mau menikah lagi. Hidup sendiri, dia sudah merasa nyaman dan tidak memiliki konflik dengan pasangan. 

Ilustrasi Wanita Jalani Perceraian (Tempo.co)

4. Pilih Karier

Cara mengembalikan mood setelah perceraian, biasanya wanita fokus untuk bekerja dan merintis karier. Terlalu sibuk bekerja mungkin membuat wanita melupakan perceraian. 

5. Belum Move On

Meski sudah selesai urusan perceraian, kadang komunikasi antara mantan pasangan suami istri masih tetap berlangsung. Tetap saja masih ada perasaan cinta atau sayang kepada mantan suami meskipun hanya sedikit. Hal ini membuat sulit move on dengan mantan pasangan.

Wanita Alami Perceraian (Kumparan)