Penyebab dan Tips Membersihkan Ketiak Hitam

Ketiak hitam adalah salah satu masalah yang mengganggu penampilan. Lantas apa penyebabnya, dan bagaimana cara membersihkan ketiak hitam?

Ketiak hitam menjadi salah satu masalah yang mengganggu penampilan, khususnya bagi wanita. Sampai saat ini, banyak yang masih bingung bagaimana cara membersihkan ketiak hitam. Alih-alih berusaha memutihkan, banyak orang lebih memilih menutupinya dengan pakaian lengan panjang.

Hal tersebut tentu mengganggu, terlebih lagi bagi wanita yang gemar memakai pakaian berlengan pendek. Sebelum membahas tentang cara membersihkan ketiak hitam, ada baiknya mencari tahu lebih dulu penyebabnya.

Penyebab Ketiak Hitam

Meski bukan indikasi penyakit serius, namun ketiak hitam dapat mengganggu penampilan. Berikut beberapa penyebab kulit ketiak berwarna hitam.

• Iritasi kimia yang disebabkan oleh deodoran dan antiperspiran.

• Iritasi dan abrasi setelah mencukur dengan alat tajam.

• Sel kulit mati menumpuk.

• Gesekan dari pakaian yang ketat.

• Hiperpigmentasi atau kondisi peningkatan melanin.

• Acanthosis nigricans, sebagai gejala dari diabetes, obesitas, atau kadar hormon yang abnormal.

• Infeksi bakteri.

Cara Membersihkan Ketiak yang Hitam

Penyebab dan Tips Membersihkan Ketiak Hitam (via Bicara Berita)

Banyak orang menggunakan cara mahal dan menghabiskan banyak dana untuk mengatasi masalah ini. Padahal, membersihkan ketiak hitam sangatlah mudah, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

Exfoliate Gel

Penyebab dan Tips Membersihkan Ketiak Hitam (via CNN Indonesia)

Ketiak hitam bisa disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati yang tidak dibersihkan. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan menggunakan produk skincare seperti exfoliate gel atau scrub.

Toner dan Krim Underarm

Penyebab dan Tips Membersihkan Ketiak Hitam (via Beaufo)

Toner yang mengandung niacinamide terbukti dapat membersihkan sisa sel kulit mati pada ketiak. Meski pada umumnya digunakan untuk kulit wajah, toner juga bermanfaat untuk kulit ketiak. Selanjutnya gunakan krim agar mencerahkan kulit ketiak.

Underarm Rejuvenation

Penyebab dan Tips Membersihkan Ketiak Hitam (via SehatQ)

Underarm Rejuvenation adalah cara membersihkan dan meratakan warna kulit ketiak dengan menggunakan cahaya laser. Biasanya, metode ini tersedia di klinik kecantikan.

Itulah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi masalah ketiak hitam. Tiga cara di atas terbukti ampuh untuk membersihkan ketiak hitam  tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Selamat mencoba!

Penyebab dan Tips Membersihkan Ketiak Hitam (via KlikDokter)