5 Universitas Terluas di Indonesia, Awas Kesasar!

Indonesia memiliki ratusan universitas yang tersebar hampir di setiap kota. Bahkan diantaranya memiliki julukan sebagai universitas terluas di Indonesia.

Berbeda dengan sekolah dasar dan menengah, kampus umumnya memang dibangun di atas lahan luas untuk mengakomodir berbagai fasilitas pendidikan yang lebih lengkap. Indonesia sendiri memiliki ratusan perguruan tinggi yang tersebar hampir di setiap kota, bahkan beberapa di antaranya memiliki julukan universitas terluas di Indonesia.

Sebutan itu memang tidak asal. Tidak hanya luas, universitas tersebut juga merupakan kampus bergengsi, loh. Penasaran universitas mana saja yang dimaksud? Yuk, langsung saja kita intip suasananya

1. Universitas Riau

Universitas Riau memiliki luas 700 Ha. Meski luas, kamu tidak akan bosan menyusuri universitas yang satu ini, lantaran setiap sudutnya dipenuhi pohon rindang yang menyejukkan.

2. Universitas Indonesia

Universitas Terluas di Indonesia (Istimewa)

Siapa yang tidak mengenal universitas yang satu ini. Yup, Universitas Indonesia memang menjadi kampus paling bergengsi di Indonesia. Universitas ini memiliki luas lahan mencapai 320 Ha.

3. Universitas Gajah Mada 

Universitas Terluas di Indonesia (Istimewa)

Universitas selanjutnya ialah UGM (Universitas Gajah Mada). Perguruan tinggi ini berdiri di lahan seluas 740.000 meter persegi dan memiliki kurang lebih 670 gedung dengan ruang belajar dan laboratorium lengkap.

4. Institut Teknologi Bandung

Universitas Terluas di Indonesia (Istimewa)

Meski tidak mencapai hitungan hektar, yakni hanya seluas 286.830 meter persegi, namun siapa saja pasti lelah untuk berkeliling di universitas ITB (Institut Teknologi Bandung). Perguruan tinggi ini juga menjadi tempat tujuan belajar favorit karena kualitas pendidikannya yang mumpuni.

5. Universitas Negeri Manado

Universitas Terluas di Indonesia (Istimewa)

Diresmikan pada tanggal 22 September 1955, menjadikan Universitas Negeri Manado sebagai kampus tertua di Indonesia. Tak hanya itu, lahannya juga sangat luas sehingga kamu banyak fasilitas pendukung yang dibangun untuk menunjang pembelajaran. Kampus ini memiliki luas mencapai 270 Ha.

Nah, itulah 5 universitas terluas di Indonesia  yang berhasil kami rangkum. Tidak hanya luas, kampus-kampus di atas juga memiliki reputasi baik di dunia pendidikan sehingga banyak yang berlomba masuk menjadi salah satu mahasiswanya. Tapi kalau baru pertama kali datang, jangan lupa baca peta ya!

Universitas Terluas di Indonesia (Istimewa)