Ngetren Aksesoris Anxiety Ring, Cincin Yang Dianggap Bisa Atasi Kecemasan

Ngetren Aksesoris Anxiety Ring, Cincin Yang Dianggap Bisa Atasi Kecemasan

Aksesoris selama ini selalu menjadi benda yang banyak digunakan seseorang demi menunjang penampilan.

Tapi seiring perkembangan zaman, kini aksesoris gak cuma berfungsi untuk penampilan, tapi juga untuk kesehatan. Seperti tren sebuah cincin bernama ‘anxiety ring’, yang dipercayai oleh masyarakat dunia dalam mengatasi rasa cemas.

Cincin ini memiliki bentuk layaknya cincin lain pada umumnya. Namun menurut laporan Metro UK, cincin satu ini memiliki desain khusus yang bisa membantu mengatasi stres serta serangan panik.

Salah satu desainnya yang populer ialah model spinner. Dari namanya, anxiety ring ini punya bagian tengah yang bisa diputar dengan jari lain. Desainnya diberi warna dasar perak yang berfungsi sebagai poros. Kemudian pada bagian atasnya, terdapat cincin berwarna emas yang bisa diputar-putar setiap kali seseorang sedang mengalami perasaan cemas.

Selain itu, terdapat bula model lain dengan desain bulat-bulatan kecil yang bisa digerakkan. Sebenarnya, cincin spinner ini memiliki versi lain khusus orang dewasa. Harapannya, ketika seseorang sedang stres, cincin tersebut bisa membantu memberikan ketenangan dan mengontrol pikiran agar tak kemana-mana.

Sedang tren ‘anxiety ring’, aksesoris cincin yang dianggap mampu mengatasi perasaan cemas pada seseorang (via instagram)

Walaupun diklaim bisa mengatasi gejala anxiety, namun masih belum ada bukti penelitian yang mengatakan hal demikian.

Anxiety ring juga dinilai mampu mengalihkan perhatian penggunanya dari kebiasaan buruk. Seperti menggigit kuku, mencabut rambut dan sebagainya.

Menurut Sally Baker, seorang terapis senior di Working on the Body di Inggris, cincin kecemasan tak bisa mengatasi penyebab munculnya rasa cemas. Namun bisa dipakai untuk mengalihkan kegelisahan.

Sedang tren ‘anxiety ring’, aksesoris cincin yang dianggap mampu mengatasi perasaan cemas pada seseorang (via kumparan.com)

Hal ini juga sama disampaikan oleh Dr. Paul McLaren, Konsultan Psychiatrist di Priory Hospital Ticehurst House, Inggris. 

"Kita cenderung akan gelisah dan tak bisa diam ketika mengalami kecemasan. Ini terjadi karena saat cemas, pikiran kita menjadi ekstra waspada pada segala macam bentuk ancaman.

Ia menambahkan kalau menyalurkan kegelisahan tersebut dengan cincin kecemasan bisa membantu meredakan rasa gelisah dan bisa jadi memberikan efek menenangkan.

Sedang tren ‘anxiety ring’, aksesoris cincin yang dianggap mampu mengatasi perasaan cemas pada seseorang (via instagram)