Deretan Festival Unik Bulan Oktober, Enggak Cuma Halloween!

Bukan cuma Halloween, Oktober selalu identik dengan satu festival tahunan yang dirayakan hampir di seluruh dunia. Apa saja?

Jika bicara soal festival unik bulan Oktober, sebagian besar orang akan memikirkan Halloween. Yup, festival yang terkesan menyeramkan ini memang selalu memiliki daya tariknya tersendiri, bagaimana tidak, semua pengunjung yang datang diwajibkan untuk memakai kostum atau topeng menyeramkan.

 Tapi, tahukah kamu, jika  festival unik bulan Oktober enggak cuma Halloween? Nah, berikut adalah kumpulan festival di beberapa negara yang digelar di bulan Oktober. Yuk, langsung saja disimak.

1. Albuquerque International Balloon Fiesta

Pesta akbar yang digelar di Amerika Serikat ini merupakan festival balon udara terbesar di dunia. Seperti namanya, Albuquerque International Balloon Fiesta diadakan di salah satu daerah di Amerika, yakni Albuqeurque. Dalam festival yang berlangsung 9 hari ini, kamu bisa menikmati keindahan ratusan balon udara yang menghiasi langit Albuqeurque.

2. Tuebingen Duck Race

Festival Unik Bulan Oktober (via Rove.me)

Festival yang diadakan di Jerman ini juga tidak kalah unik. Tuebingen Duck Race adalah sebuah festival perlombaan bebek karet berwarna kuning yang berlangsung di Stuttgart, Jerman, tepatnya di Sungai Necker. Setiap bulan Oktober, sekitar 5000 bebek karet lengkap dengan nama dan nomor peserta berlomba untuk memenangkan hadiah yang mencapai 10.000 Euro.

3. Paantu Festival 

Festival Unik Bulan Oktober (via Information Hub of Besties)

Jepang juga punya festival unik di bulan Oktober, yakni Paantu Festival. Diadakan di Miyako-Jima, semua peserta memakai kostum yang terbuat dari lumpur dan dedaunan. Menariknya adalah, peserta akan mengejar para pengunjung atau warga untuk dikotori dengan lumpur, hal tersebut dipercaya dapat mengusir nasib buruk.

4. Pushkar Camel Fair

Festival Unik Bulan Oktober (via IDN Times)

Pushkar Camel Fair adalah festival unta terbesar di dunia yang diadakan di Pushkar, sebuah negara bagian Rajashtan, India. Dalam festival ini, ada berbagai macam perlombaan, seperti “maktha phod”, unta kumis panjang hingga “bridal competition”.

Procession of the Lord of Miracles

Festival Unik Bulan Oktober (via Travel Rajashtan)

Procession of The Lord of Miracles adalah festival di Peru, tepatnya di Kota Lima, dan merupakan salah satu acara religi terbesar di dunia. Dalam acara ini, ratusan ribu orang membanjiri jalanan dengan menggunakan pakaian berwarna ungu. Semua orang yang hadir akan bernyanyi dan menari untuk menyambut acara adu benteng terbesar.

Itulah beberapa festival unik bulan Oktober selain Halloween  yang dirayakan di beberapa negara. Bulan ini memang selalu identik dengan satu festival tahunan yang dirayakan hampir di seluruh dunia. Mana yang ingin kamu rayakan?

Festival Unik Bulan Oktober (via China Daily)