Jangan Dimakan, 5 Jenis Jamur Beracun Ini Harus Diwaspadai

Ada beberapa yang dikenal sebagai jamur beracun dan harus dihindari untuk dikonsumsi.

Jamur dikenal sebagai sayuran yang bercita rasa lezat dan memiliki banyak kandungan gizi. Jamur juga memiliki berbagai macam jenis yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Namun, ada pula beberapa jenis jamur beracun yang harus diwaspadai dan tidak boleh untuk dimakan.

Nah, agar lebih berhati-hati lagi dalam memilih, berikut rangkuman 5 jenis jamur yang wajib dihindari.

Jamur Payung Maut (Amanita Phalloides)

Jamur payung mengandung racun bernama amatoxin yang bila dimakan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ hati dan ginjal. Jamur ini banyak ditemukan di Benua Eropa, tapi juga bisa ditemukan di beberapa benua lain. Dalam beberapa kasus menyebutkan orang keracunan jamur payung karena bentuknya hampir sama dengan jamur jerami padi yang biasa dikonsumsi.

Jamur Malaikat Penghancur (Amanita Virosa)

Jamur Payung Maut (via Wikipedia)

Jamur berikutnya yang tak kalah mematikan adalah jamur malaikat penghancur tua dalam bahasa Inggris biasa disebut the destroying angel. Jamur ini tumbuh subur di hutan dan di tanah berlumut saat musim panas dan musim gugur. Jamur ini akan menimbulkan beberapa gejala saat dimakan, seperti kram, delirium, delirium, kejang-kejang, muntah dan diare.

Jamur Morel Palsu (Gyromitra Esculenta)

Jamur Malaikat Penghancur (via Bacaterus)

Dinamakan jamur morel palsu karena bentuk jamur ini mirip dengan jamur morels sejati yang bisa dimakan. Jamur yang biasa ditemukan di hutan konifer di seluruh Eropa dan Amerika Utara ini mengandung monomethyl hydrazine (MMH). Di mana zat tersebut dapat menyebabkan muntah, pusing, diare, hingga kematian.

Jamur Skullcap Musim Gugur (Galerina Marginata)

Jamur Morel Palsu (via Kumparan)

Jamur skullcap musim gugur memiliki kandungan senyawa beracun bernama sangatoxin yang dapat merusak hati dengan gejala muntah, diare, hipotermia, dan akhirnya kematian. Jamur ini banyak ditemukan di Eropa, Amerika Utara, Asia, hingga Australia.

Jamur Webcap Mematikan (Cortinarius Rubellus)

Jamur Skullcap Musim Gugur (via floraword.home.blog)

Jamur webcap atau cortinus rubellus termasuk jenis jamur yang cukup mematikan jika dikonsumsi. Jamur ini dapat menyebabkan  gagal ginjal dengan gejala awal flu yang berlangsung lama hingga berminggu-minggu.

Itulah beberapa jenis jamur beracun yang wajib dihindari karena mengandung senyawa beracun mematikan. Jadi, ada baiknya untuk mengenal lebih dulu jamur sebelum kita konsumsi.

Jamur Webcap Mematikan (via Cairofood)