5 Warisan Budaya Indonesia yang Terkenal Hingga Ke Seluruh Dunia dan Diakui oleh UNESCO

Tanah Air terkenal sebagai negara yang memiliki keragaman yang khas dan unik, beberapa warisan budaya Indonesia yang terkenal kini sudah diakui oleh UNESCO

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya yang khas dan unik. Hal itulah yang berhasil menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia, bahkan beberapa warisan budaya Indonesia tersebut kini sudah diakui oleh UNESCO. Itu berarti kebudayaan yang dimiliki Indonesia sudah tidak bisa lagi diklaim oleh negara lain.

Untuk lebih mengenal lagi warisan budaya Indonesia, di bawah ini adalah deretan warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO. Yuk, disimak

Pencak Silat

Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia yang memiliki berbagai macam aliran. Seni bela diri ini mulai dikenal luas sejak beberapa aktor laga Indonesia yang menguasai pencak silat berperan dalam film kancah Internasional.

Angklung

Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Indonesia (Via Kemendikbud.go.id)

Angklung adalah alat musik khas Sunda yang terbuat dari bambu dan diakui oleh UNESCO sejak tahun 2010. Cara memainkan alat musik ini pun cukup unik, yakni dengan menggoyang-goyangkannya sehingga timbul suara yang merdu.

Perahu Pinisi

Angklung Sebagai Warisan Budaya Indonesia yang Terkenal (Via Kompas.com)

Perahu Pinisi adalah perahu tradisional khas Suku Bugis yang memiliki ukuran cukup besar. Pada tahun 2017, kapal ini menjadi bagian dari Warisan Budaya Takbenda UNESCO dalam kategori perwakilan.

Tari Saman

Perahu Pinisi Sebagai Warisan Budaya Indonesia (via Suara.com)

Satu lagi warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO, yakni Tari Saman. Tari ini berasal dari tradisi masyarakat Gayo, Aceh, dan biasanya dilakukan oleh para pria dalam upacara keagamaan atau hari besar lainnya. Meski menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO, sayangnya, generasi penerus Tari Saman jumlahnya sedikit sehingga masuk dalam kategori budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak.

Batik

Tari Saman Sebagai Warisan Budaya Indonesia (via SteemKR)

Batik merupakan hasil karya bangsa Indonesia yang sudah banyak diketahui oleh khalayak ramai dan sudah sangat terkenal hingga seluruh dunia. Saat ini batik sudah terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh Unesco. Batik sendiri adalah merupakan seni menggambar pada sebuah media kain dengan corak yang khas dari setiap daerah yang ada di Indonesia.

Agar tidak hilang dimakan oleh zaman, sudah sepatutnya kita sebagai generasi bangsa untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Karena kebudayaan itulah yang menjadi salah satu karakter bangsa yang melekat pada diri kita semua.

Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia (via WomanTalk)