Termasuk Ikan Raksasa, Inilah Jenis Paus Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah yang Pernah Ada

Paus merupakan mamalia terbesar di dunia, lantas apa sajakah jenis paus terbesar di dunia sepanjang sejarah?

Tidak hanya sebagai mamalia terbesar, paus juga merupakan hewan terbesar di dunia. Lalu, apakah jenis paus terbesar di dunia sepanjang sejarah?

Spesies paus sangat beragam dan ukurannya bervariasi. Berikut ini deretan paus terbesar beserta karakteristik dan keunikannya masing-masing.

Paus Biru (Blue Whale)

World Wild Life menobatkan Paus Biru (Balaenoptera musculus) sebagai hewan terbesar di dunia. Panjangnya mencapai 30 meter dan beratnya lebih dari 181 ton. Ini melebihi ukuran dan berat dinosaurus yang banyak dianggap sebagai hewan paling besar.

Menakjubkannya lagi, hewan yang sekarang terancam punah ini ternyata sudah hidup di dunia sejak zaman purba, lho!

Paus Sirip (Finback Whale)

Paus Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah (via BBC)

Menyusul Paus Biru, paus terbesar kedua di dunia dinobatkan kepada Paus Sirip (Balaenoptera physalus). Panjangnya mencapai 27,5 meter dan beratnya bisa mencapai 120 ton.

Paus Sirip tergolong unik, karena rahang bawahnya berwarna hitam dan sisi kanannya berwarna putih. Ini dimanfaatkan mereka sebagai strategi untuk berburu. Meskipun demikian, Paus Sirip sangat pemalu. Mereka jarang terlihat muncul di permukaan air untuk mengambil napas.

Paus Sperma (Sperm Whale)

Paus Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah (via Adriana Basques)

Berada di posisi ketiga, Paus Sperma (Physeter macrocephalus) memiliki panjang mencapai 18 meter dan berat 45 ton. Paus Sperma biasa disebut juga sebagai paus kepala kotak karena kepalanya yang berbentuk kotak.

Selain itu, Paus Sperma merupakan hewan bergigi terbesar dan pemilik otak terbesar di dunia. Berat otaknya bisa mencapai 8 kilogram. Wow!

Itu dia ketiga paus terbesar di dunia sepanjang sejarah. Bisa bayangkan seberapa besar mereka, kan?

Paus Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah (via Brilio.net)