Boneka-Boneka dengan Cerita Mistis Asli Indonesia, Ada Ondel-Ondel

dari ondel-ondel hingga nini thowong, berikut adalah boneka dengan cerita mistis asli indonesia

Boneka memang menjadi salah satu barang yang sering dikaitkan dengan cerita-cerita mistis dan misteri dibalik kelucuannya. Mitos tentang boneka yang bisa bergerak, berbicara hingga menangis sendiri tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Karena itulah, mari simak beberapa boneka dengan cerita mistis yang ada di Indonesia berikut ini,

Ondel-Ondel

Boneka tradisional khas ikon kota Jakarta ini saat ini fungsinya sebagai sebuah kesenian yang kerap ditampilkan untuk acara khusus. Namun ternyata ondel-ondel memiliki cerita misti di dalamnya yang tidak lepas dari fakta bahwa boneka in awalnya diciptakan untuk menangkal roh-roh halus.

Sigale-gale

(etnikom.com)

Boneka dari Pulau Samosir, Sumatera Utara ini memiliki bentuk tubuh dan wajah mirip manusia dilengkapi pakain batak lengkap dengan ulos. Dari asal muasal pembuatan boneka ini sja sudah seram terelbih lagi boneka ini selalu dimainkan ketika ada anak yang meninggal (terutama laki-laki) sebagai ungkapan duka cita orangtua karena kehilangan sang anak. Dan ada mitos yang meyebutkan siapapun yang membuat boneka sigale-gale akan meninggal sebagai tumbal atas pembuatan boneka tersebut.

Nini Thowong

wikipedia

Boneka perempuan yang erat dengan unsur seni, dan tradisi masyarakat Jawa ini dikabarkan merupakan kesenian nenek moyang zaman dulu yang dibuat dari siwur (gayung dari batok), enjet, dan angus (arang) untuk menggambar wajah. Kemudian disusun menyerupain manusia dan dipakaikan kebaya, sarung, dan daun-daun yang berasal dari kuburan. Saat dimainkan jaman dahulu Nini Thowong merupakan budaya animisme dimana dimainkan dengan mempunyai suatu maksud tertentu.

Instagram, domphoto(.)id)