Telah Didistribusikan Di Indonesia, Ini Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Vaksin Moderna

Telah Didistribusikan Di Indonesia, Ini Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Vaksin Moderna

Vaksin moderna telah datang di Indonesia sejak bulan Juli, tetapi distribusi vaksin ini terbatas untuk nakes saja, sekarang vaksin ini telah distribusikan untuk masyarakat umum.

Moderna efektif mencegah virus Covid 19 varian alfa dan beta, tetapi klaim dari Moderna Inc. Sendiri mebyebutkan bahwa vaksin ini ampuh untuk melawan varian Beta, Delta, Eta, dan Kappa.

Nah untuk mengetahui fakta-fakta tentang moderna ini yuk kita bedah, apa saja informasi tentang vaksin keluaran Amerika Serikat ini.

1. Efikasi

Pada 2 Juli 2021 uji klinis fase ketiga menunjukkan efikasi vaksin Moderna 94,1 persen pada kelompok usia 18-65 tahun. sementara untuk usia diatas 65 tahun, efikasinya sebesar 86,4 persen.

2. Berbasis mRNA

https://asset.kompas.com/crops/

Berbeda dengan Sinovac, vaksin moderna tidak menggunakan cirus yang dilemahkan, melainkan memanfaatkan komponen materi genetik yang direkayasa. Metode ini terbilang baru di dunia kesehatan, namun dinilai efektif memicu reaksi kekebalan tubuh terhadap virus, seperti yang tersedia di vaksin biasa.

Berbeda dengan vaksin lain, Moderna membutuhkan perlakukan khusus untuk penyimpanan agar vaksin dapat bekerja secara optimal dan terjaga dengan baik, vaksin ini membutuhkan suhu penyimpanan minus 20 derajat.

3. Efek samping

https://cdn.cancercenter.com/

Efek samping seperti nyeri, kelelahan, nyeri otot, pusing dilaporkan terjadi pada beberapa orang setelah menerima vaksin dosis ke 2.

Keluhan efek samping sama bagi usia dewasa di bawah 65 tahun dan di atas 65 tahun. Tapi, perbedaannya terletak dari sisi titer antibodi dan netralitas, yang lebih rendah pada kelompok lansia dibandingkan usia dewasa.

4. Efektif melawan varian delta

https://asset.kompas.com/

Sebuah penelitian dilakukan kepada orang yang telah menerima vaksin moderna, hasil dari pengamatan serum darah menunjukkan bahwa vaksinasi ini menghasilkan antibodi terhadap semua varian Covid-19

Analisis menunjukkan, adanya pengurangan sederhana dalam menetralkan antibodi terhadap beberapa varian yang lebih baru, termasuk Delta, Kappa, dan Gamma.

5. Aman untuk komorbid

Uji klinis ketiga menyatakan vaksin moderna aman bagi kelompok populasi masyarakat dengan penyakit penyerta seperti penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, liver dan HIV.

Namun BPOM menambahkan jika vaksin Moderna ini belum bisa diberikan pada anak-anak, vaksin ini hanya diperbolehkan untuk imunisasi pencegahan Covid-19 bagi kelompok usia 18 tahun keatas

https://www.sciencefriday.com/