Menakjubkan! Ternyata Mesir Kuno Udah Maju Sejak Dulu Ya...

Mesir sudah menemukan hal ini jauh lebih awal dari beberapa peradaban lainnya.

Bangsa Mesir kuno dipercaya sebagai bangsa yang memiliki peradaban yang maju kala itu. Banyak penemuan-penemuan nyeleneh yang dimulai dari Negeri Firaun ini. Baru-baru ini juga ditemukan lagi beberapa fakta bahwa jauh sebelum Masehi, mereka juga sudah menemukan beberapa penemuan loh, apa saja ya kira-kira? Simak lah kuy....

1. Bahasa Tulisan

Jauh sebelum masehi, orang dahulu sering sekali menceritakan segala kisah melalui sebuah gambar. Dari gambar itulah yang sering ditemukan para arkeolog dan peneliti di dinding-dinding gua. Ternyata orang Mesir justru udah memulai bahasa tulisan itu duluan.

Bentuk dari awal bahasa tersebut adalah pictogram, yaitu simbol-simbol untuk kata yang ingin mereka ungkapkan. Mungkin karena terasa sulit untuk menggambar beberapa kata-katanya, maka lambat laun orang-orang Mesir jaman itu mengembangkan dalam bentuk abjad kuno yang dikenal dengan Hieroglif.

Hieroglif dipercaya ilmuan sebagai bahasa tulisan pertama (tun.com)

2. Kalender

Sebenarnya udah dari dulu kalender ini ditemukan. Sedari dulu, bangsa Mesir kuno menggunakan sistem penanggalan untuk menentukan musim. 

Yaitu musim penggenangan ketika volume air Sungai Nil membanjiri lahan pertanian, musim pertumbuhan tanaman, dan musim panen. Kalender tersebut telah membantu masyarakat Mesir kuno untuk mengatur waktu di bidang pertanian.

Kalender mesir kuno sangat rumit namun ini memang digunakan tuk menentukan musim pada saat itu (viajejet.com)

3. Kunci Pintu

Sistem keamanan juga udah ditemukan oleh bangsa Mesir kuno dari dulu tuh. Di jamannya dulu, mereka udah bisa nyiptain kunci pintu loh. Hanya saja ukurannya berbeda, kuncinya doang bisa mencapai kisaran 60 sentimeter. 

Sistem kunci pintu bangsa Mesir kuno ini yang akhirnya dikembangkan oleh bangsa Romawi yang membuat kunci dengan ukuran yang lebih kecil. Jadi bisa dibawa kemana-mana. Ilang atau ketinggalan juga bisa.

Kunci kuno bangsa mesir (stepfeed.com)

4. Lembaran Papyrus

Sejak 1.400 tahun bangsa Tiongkok dikenal sebagai penemu kertas. Namun faktanya berkata tidak seperti itu. Pasalnya, Mesir kunolah yang menemukan hal itu jauh sebelum Tiongkok.

Rakyatnya Firaun telah membuat lembaran dari tumbuhan papyrus. Tumbuhan papyrus adalah tumbuhan air yang tumbuh di sekitaran Sungai Nil. Papyrus ternyata jauh lebih kuat dari kertas karena bisa digunakan sebagai layar perahu, sandal, dan tikar. Dahulu kala, bangsa Mesir kuno menggunakan lembaran papyrus untuk menulis teks sastra, musik, hingga upacara keagamaan.

Lukisan sejarah peninggalan Bangsa Mesir (kaliputri.blogspot.com)

5. Pembajak Tanah

Orang Mesir kuno juga menemukan pembajak sawah. Karena dahulu sebenarnya mereka sudah membuat alat pembajak sawah. 

Namun karena dirasa kurang efektif, maka alat pembajak tersebut dikaitkan pada seekor lembu. Alat pembajak sawah inilah yang disebut-sebut sebagai alat yang mempermudah pertanian jaman Mesir kuno dulu.

Gak nyangka ya, ternyata Mesir berhasil menemukan beberapa penemuan tersebut jauh sebelum peradaban lainnya. Berarti Mesir kuno bisa nih menyandang peradaban maju kala itu. Jadi gimana gengs, Mesir kuno hebat kan?

Peradaban Mesir kuno (ikhlassaputranet.blogspot.com)