8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Hingga Usia Lanjut

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Hingga Usia Lanjut

Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusukmu, di kedua sisi tulang belakang. Mereka melakukan beberapa fungsi.

Ginjal bertugas menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, ginjal juga bertugas mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuhmu akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjalmu sampai usia lanjut, simak ya!

1. Tetap Aktif dan Fit

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Dengan aktif bergerak kamu juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Keduanya sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

2. Jaga Tekanan Darahmu

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh bisa signifikan.

Tekanan darah yang sehat adalah 120/80. Prehipertensi berada di antara titik itu dan 139/89. Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darahmu.

3. Jaga Gula Darahmu

Tetap bugar dan fit dengan berolahraga teratur (rmolbanten.com)

 

Orang dengan diabetes, atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuhmu tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjalmu dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah. Selama bertahun-tahun pengerahan tenaga, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam jiwa.

4. Minum Banyak Cairan

Asupan air yang teratur dan konsisten dapat membuat ginjalmu sehat.

Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Dengan minum banyak cairan, kamu juga bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

5. Jangan Sering Minum Obat Pereda Nyeri

Gula darah tinggi bisa sebabkan kerusakan ginjal (alodokter.com)

Sering minum obat nyeri yang dijual bebas bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal jika kamu meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi.

Orang tanpa masalah ginjal yang minum obat sesekali kemungkinan akan sembuh. Namun, jika kamu menggunakan obat-obatan ini setiap hari, kamu bisa merusak ginjalmu. Coba konsultasikan dengan dokter, soal mengurangi rasa sakit tanpa minum obat-obat tadi.

Itu tadi 5 kunci menjaga ginjalmu agar tetap sehat. Secara garis besar, kamu perlu menjaga pola hidup sehat agar organ di tubuhmu bisa tetap sehat. Jangan lupa juga untuk jauhi kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol ya!

Salah satu obat pereda nyeri (hdmall.id)