Temanmu Fandom K-Pop? Jangan Ucapkan 3 Kalimat Ini Ya, Gengs

Punya teman fandom K-Pop? Jangan ucapkan 3 kalimat di bawah kalo nggak mau menyakiti hati mereka.

Hobi dan kesenangan setiap orang berbeda-beda. Itu kan persoalan selera dan kamu pun nggak berhak dong buat mencela atau berujar buruk terhadap apa yang mereka suka.

Terlebih tentang K-Pop. Pasti ada deh temanmu yang fans K-Pop. Bahkan mungkin mereka termasuk yang garis keras. Maksudnya, yang sering menirukan jogedan dan selalu update terkait berita idol yang mereka kagumi.

Jangan sampai ucapan dan tingkahmu merusak pertemanan. Ingat, kesenangan setiap orang berbeda. Terlepas ketidaksukaanmu terhadap K-Pop, yang terpenting, jangan kamu ucapkan 3 kalimat di bawah ini ya. Jika sampai terucap, tentu akan menyakiti hati mereka para fandom K-Pop. Yuk simak gaes.

"Semua idol kok mirip sih, eh plastik sih..."

Jika dilihat sekilas, memang para idol K-Pop ini wajahnya mirip. Tapi, kamu harus memperhatikan lebih teliti dan detail untuk melihat perbedaannya. Dan hanyalah para penggemar saja yang bisa melihat hal tersebut.

Penggemar K-Pop. (dieaneaninditya.wordpress.com)

Apalagi efek makeup sering membuat wajah mereka serupa. Jadi, bukan akibat dari operasi plastik, loh. Meskipun Korea Selatan memang terkenal sebagai pusat operasi plasti, tapi itu adalah bagian dari budaya. Hal yang susah dihilangkan.

Yah, emang sih ada beberapa idol yang oplas. Tapi bukan berarti semuanya, kan? Dan kamu akan menjadi jahat jika membandingkan satu kasus untuk mengeneralkannya. Apa yang kamu lakukan itu nggak adil, lho.

"Dasar alay!"

Idol K-Pop yang terlihat mirip. (youtube)

Yah, namanya juga fans. Kalau melihat idol mereka, entah di televisi, media sosial, atau ketemu langsung, pasti akan menjerit bak anak-anak ketakutan saat melihat film horor. Jadi, jangan sampai kamu menyebutnya sebagai hal yang alay, ya.

Selain itu, mungkin harus dipahami juga apa arti alay itu sendiri. Apakah itu kata sifat untuk menyebut sesuatu yang berlebih, atau yang aneh dan keluar dari tindakan umum. Yang pasti, untuk lingkungan fandom K-Pop, apa yang mereka lakukan itu wajar dan normal kok. Jadi, hanya perbedaan sudut pandang kalian saja.

"Hanya modal bisa nge-dance dan nggak bisa nyanyi"

Penggemar K-Pop. (unitedkpop.com)

Hey, siapa bilang para idol Korea itu nggak bisa nyanyi? Selain itu, kamu juga nggak tahu berapa jam dalam sehari yang harus dihabiskan oleh para idol itu untuk berlatih menari.

Jika kamu ingin mencela, baiknya ketahui terlebih dahulu. Dan untuk persoalan idol K-Pop, suara yang bagus dan kemampuan menari itu menjadi nilai utama mereka saat audisi agensi, lho. Jadi, jangan sebut mereka hanya modal nari tanpa bisa nyanyi, ya. 

Penampilan K-Pop. (mithunonthe.net)

Selain kalimat di atas, masih banyak lagi kalimat negatif yang sering diucapkan oleh mereka yang tidak menyukai K-Pop. Terutama jika kamu ingin menjaga pertemanan, jangan sampaikan kalimat-kalimat yang menyakitkan para fandom K-Pop seperti di atas ya.

Penampilan girlband idol K-Pop. (lonelyplanet.com)