5 Pahlawan yang Dilupakan, Padahal Jasanya Besar

Walaupun memiliki jasa besar, ternyata di Indonesia ada beberapa pahlawan yang dilupakan

Beberapa bulan lagi rakyat Indonesia akan merayakan Hari Pahlawan Nasional, tepatnya pada tanggal 10 November. Hari perayaan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda maupun Jepang. Sayangnya, dari sekian banyak tokoh, ada beberapa pahlawan yang dilupakan.

Nama mereka memang tercatat dalam buku sejarah namun tak terlalu diingat. Padahal, mereka juga memberikan sumbangsih besar dalam usaha perebutan kemerdekaan. Siapa sajakah pahlawan-pahlawan tersebut? Yuk disimak ulasannya berikut ini.

Frans Kaisiepo

Wajah beliau tentu sudah tak asing lagi bagi kalian. Ya, wajah pahlawan asal Papua ini menjadi ilustrasi di uang pecahan Rp 10.000. Jasa Frans Kaisiepo terukir saat beliau menjadi Envoy Republik untuk memantau resistence movement di Papua agar Belanda bisa keluar Indonesia. Setelah merdeka, Frans Kaisiepo menjadi Gubernur Irian Barat hingga tahun 1973.

Tan Malaka

Frans Kaisiepo (via Pikiran Rakyat)

Tan Malaka merupakan salah satu pahlawan yang memiliki kontribusi besar dalam bidang pendidikan. Beliau ialah pahlawan yang sempat mengenyam pendidikan di Belanda kemudian kembali ke tanah Air bertujuan untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun sayang, niat baiknya tersebut tak didukung oleh Belanda. Beliau sempat diasingkan dan menjalani eksekusi pada pada 21 Februari 1949.

Wikana

Tan Malaka (via Historia)

Pahlawan berikutnya ialah Wikana. Beliau mungkin menjadi salah satu pahlawan yang namanya jarang didengar. Wikana sempat menjabat sebagai menteri negara urusan pemuda. Jasa beliau pada kemerdekaan saat berhasil berhasil mendorong Bung Karno agar segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Sukarni Kartodiwirjo

Wikana (via Arah Kiri)

Sukarni Kartodiwirjo adalah salah satu pahlawan yang berasal dari Blitar. Beliau memiliki peran penting dalam mendirikan organisasi Persatuan Pemuda Kita. Berkat jasanya tersebut, beliau didaulat sebagai Duta Besar Indonesia di Peking.

B.M. Diah

Sukarni Kartodiwirjo (via Belajar Ilmu Sosial)

B.M. Diah adalah pahlawan yang berprofesi sebagai wartawan. Jasa beliau ialah menyebarkan berita ke segala penjuru negeri bahwa Indonesia telah merdeka dari penjajahan Jepang maupun Belanda.

Itulah beberapa pahlawan yang dilupakan dalam pembahasan tentang kemerdekaan Indonesia. Padahal mereka mempunyai jasa besar dalam perjuangan di masa lalu. Selain mereka, masih banyak tokoh lain yang sering tidak kita antisipasi. Yuk mulai kita hargai jasa mereka!

5 Pahlawan yang Dilupakan (via Kompas)