Terungkap Asal-usul Pisang Ambon, Ternyata Bukan Berasal dari Ambon

Pisang ambon ternyata awalnya bukan berasal dari Kota Ambon. Seperti apa sejarah pisang dengan rasa manis itu dinamakan pisang ambon?

Pisang merupakan jenis buah yang populer di Indonesia. Biasanya orang mengkonsumsi pisang saat pagi hari atau setelah santap makan siang atau makan malam. Jenis pisang yang paling populer adalah pisang ambon. Pisang ambon adalah pisang yang memiliki rasa manis dan berukuran sedang.

Pisang ambon juga mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh lho. Menurut Honestdocs, di dalam pisang ambon terdapat vitamin C yang dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain vitamin C dalam pisang ambon juga ada vitamin B untuk meningkatkan fungsi jantung dan otak, hingga kandungan mineral agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Orang Indonesia biasanya makan pisang ambon dengan konsumsi secara langsung, atau dijadikan pisang goreng hingga direbus atau kukus. Namun banyak yang belum tahu jika pisang ambon ternyata bukan buah yang berasal dari Kota Ambon di Maluku.

Pisang ambon disebut ambon karena diambil dari bahasa Jawa yakni ambon-ambon atau bau-bauan. Aroma pisang yang manis dan memiliki aroma harum membuat banyak orang menyebut nama pisang itu pisang ambon - ambon. Untuk mempersingkat dari nama pisang ambon-ambon, akhirnya disingkat menjadi pisang ambon.

Sementara itu dilansir dari blog Tri Adi Sarwoko menyebutkan bahwa pisang ambon di Ambon disebut warga setempat dengan pisang meja. Alasannya karena pisang lembut itu sering diletakan di meja makan sebagai makanan pencuci mulut banyak orang.

Pisang Ambon (Merdeka.com)

Afdol Tharik seorang pelajar bahasa di Universitas Indonesia memberikan pendapat yang berbeda. Pisang ambon muncul karena pada masa lalu banyak orang Ambon merantau ke wilayah Indonesia lainnya, khususnya di Pulau Jawa dengan membawa jenis pisang tersebut. Sehingga pisang itu disebut sebagai pisang ambon karena sering dibawa oleh orang Ambon.

Nama pisang ambon yang bukan berasal dari Ambon sama dengan sejarah makanan lain asal Medan, Sumatera Utara yakni Bika Ambon. Oleh-oleh khas Medan ini berasal dari Medan bukan dari Ambon dan tak ada hubungannya dengan Ambon, karena pedagang pertama kue bika di Medan berjualan di jalan Ambon sehingga disebut sebagai bika ambon

Pisang Ambon (IDN Times)