Kenali Tanda dan Cari Cara Tenangkan Pikiran Negatif, Dijamin Hidupmu Lebih Bahagia

Akibat pikiran negatif itu banyak. Paling parah, bisa mempengaruhi perkembangan karirmu. Yuk kenali ciri-cirinya dan cari cara menenangkan pikiran negatif.

Banyak dari kita seringkali berpikiran negatif. Meskipun sudah tahu efek buruk dari kebiasaan tersebut, namun memang susah untuk dihilangkan. Kalian juga, gengs?

Terbiasa berpikiran negatif bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental dan tubuh, lho. Banyak dari kita yang seringkali merasa sakit hati atau  merasa sendiri.

Padahal ketika kita berpikir ulang dan merenungkannya, itu hanya hasil dari ketakutan atau pikiran negatif terhadap orang-orang. Setelah kroscek kebenaran, terbukti, itu hanyalah pikiran kita saja.

Lalu, yang paling parah adalah jika pikiran negatif itu bisa berefek pada kebahagiaanmu. Bila sudah sampai di titik ini, maka kamu perlu menyadari kondisi diri dan merenung untuk mencari solusi.

Ilustrasi pikiran negatif (alodokter.com)

Saat ingin memperbaiki diri, kesulitan utama adalah mengenali ciri-ciri dari sifat buruk itu sendiri. Dan untuk membantumu menjadi pribadi yang lebih baik dan bahagia, berikut tim paragram rangkum ciri-ciri pikiran negatif. Dari situ, kita bisa deh mencari cara menenangkan pikiran negatif.

Merasa nggak pantas mendapatkan pujian

Pujian itu nggak salah kok. Pun jika kita menerimanya, terutama karena kinerja atau prestasi yang memuaskan. Itu sudah jadi hak kamu untuk mendapatkannya. Tapi jangan sampai menuntut, ya.

Pikiran ruwet (akhirzaman.org)

Nah, jika kamu merasa nggak pantas mendapatkan pujian atas prestasi atau usaha yang sudah kamu lakukan, hmm, mulai hati-hati deh ya. Terlebih jika kamu sering melakukannya, pada akhirnya hanya akan membuat pribadimu semakin kecil dan rendah diri. Bahaya, deh.

Kamu sering merasa gak pantas menerima pujian

Ilustrasi pikiran negatif (curiousmindmagazine.com)

Gak ada yang salah dengan pujian. Ketika ada orang yang melontarkan kalimat tersebut, berarti kamu memang berhak mendapat apresiasi atas usaha yang telah kamu lakukan. Merasa diri kita bukanlah yang terbaik dan gak pantas menerima pujian hanya akan membuatmu semakin rendah diri.

Berkesimpulan negatif atas setiap kejadian

Nah, kalo ini ciri-ciri utama dari orang yang punya pikiran negatif. Setiap mengalami kejadian tertentu, padahal itu adalah hal yang baik, pikirannya malah buruk. Selalu berkesimpulan 'jangan-jangan...'. Duh, bahaya deh kalo kamu sering ngelakuinnya.

Kalo kamu kerap melakukannya, hal itu nantinya malah akan berdampak langsung pada perkembangan kepribadian. Menjadi orang yang enggan untuk mencoba sesuatu hal baru, setelah itu skill dan kemampuan nggak berkembang, efeknya pada karier yang di situ-situ aja.

So, optimis gengs! Kegagalan itu pasti dan wajib dialami. Permasalahannya, apa yang bisa kamu pelajari dari kegagalan itu. Fokusnya di situ aja, ya.

Pikiran negatif (beatdebt.info)

Itulah tanda-tanda jika kamu berpikiran negatif. Semoga setelah mengenali tandanya, kamu bisa mendapatkan cara menenangkan pikiran negatif yang kamu rasakan. Selamat berjuang, gaes.

Pikiran positif. (klikdokter.com)