5 Manfaat Untuk Kesehatan Mental Dari Mendengarkan Musik

5 Manfaat Untuk Kesehatan Mental Dari Mendengarkan Musik

Musik ditemukan di setiap budaya, baik masa lalu maupun masa kini. Semua orang di dunia termasuk kelompok suku yang paling terisolasi pun memiliki bentuk musiknya sendiri. Musik mungkin telah ada selama setidaknya 55.000 tahun dan musik pertama mungkin telah ada di Afrika dan kemudian berkembang menjadi bagian dasar dari kehidupan manusia.

Mendengarkan musik adalah salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang. Baik untuk bersantai di malam hari atau sebagai "soundtrack" bekerja dan menyetir, mendengarkan musik dapat dilakukan kapanpun. Hampir semua orang memiliki lagu kesukaan. Mendengarkan lagu favorit dapat menjadi cara untuk menyenangkan hati atau membawa kembali diri kita pada ingatan tertentu.

Banyaknya waktu kosong akibat pandemi membuat kita bisa lebih sering mendengarkan musik dibanding biasanya. Baik melalui siaran radio, layanan streaming, atau dari sumber lain. Mendengarkan musik memiliki sejumlah manfaat bagi diri kita. Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu hal yang bisa membantu meningkatkan kondisi mental seseorang. Berikut beberapa manfaat untuk kesehatan mental dari mendengarkan musik:

1. Mengingatkan akan hal-hal yang menyenangkan

Untuk kembali ke masa lalu dan mengingat hal menyenangkan, lagu bisa menjadi salah satu media menuju hal tersebut. Sebuah lagu bisa membawa kita kembali ke masa lalu ketika kita sering mendengarkannya atau memiliki momen tertentu saat mendengarkannya.

2. Menghadirkan rasa senang

https://www.pexels.com/

Dalam memilih musik untuk didengar, kita pasti memilih lagu yang sesuai dengan selera kita. Hal ini secara langsung membuat hati menjadi senang ketika mendengarkannya. Penelitian pada tahun 2019 oleh McGill University Kanada meneliti bagaimana musik menstimulai bagian tertentu pada otak. Hasilnya musik berdampak semakin besar ketika kita mendengarkan musik dengan elemen yang tak terduga.

3. Meningkatkan fokus

https://www.pexels.com/

Terganggunya fokus merupakan salah satu hal yang sering kita alami pada saat bekerja. Kesulitan fokus ini bisa membuat kita sulit menuntaskan tugas dan juga membuat hasil kerja kita tidak optimal. Musik klasik bisa sangat membantu dalam meningkatkan fokus dan mengurangi gangguan yang muncul.

4. Sebagai terapi

https://www.pexels.com/

Sama seperti kesenian penuh kreativitas lain, musik bisa menjadi salah satu bentuk terapi. Hal ini terutama pada mereka yang mengalami demensia serta pada anak maupun orang dewasa dengan masalah mental atau kebutuhan perkembangan tertentu. Musik bisa memiliki kemampuan luar biasa dalam meningkatkan mood serta melepaskan rasa stres dan depresi. Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Positive Psychology tahun 2013 mengungkap bahwa mendengarkan musik dengan irama kencang bisa meningkatkan mood dan kebahagiaan seseorang hingga dua minggu.

5. Membantu mengatasi rasa sakit

https://www.pexels.com/

Selain menghadirkan rasa senang, musik bisa membantu dalam mengatasi rasa sakit yang muncul. Hal ini tentu bisa sangat membantu dalam menghadapi permasalahan kita sehari-hari. Hasil tinjauan dari 73 percobaan perbeda mengungkap bahwa seseorang yang mendengarkan musik sebelum, ketika, atau setelah menjalani prosedur operasi bisa menurunkan tingkat kecemasan dan rasa sakit setelah masa operasi. Terapi menggunakan musik ini bahkan juga bermanfaat bagi mereka yang mengalami rasa sakit kronis.

https://www.pexels.com/