Resep Udang Saus Padang, Gampang Bikinnya Dijamin Menggugah Selera

Bagi pencinta seafood tentunya udang saus padang menjadi kudapan yang sering dimakan. Ingin mencoba bikin di rumah? Gampang kok caranya.

Udang saus padang merupakan makanan seafood yang digemari banyak orang. Biasanya mencicipi udang saus padang, orang datang ke warung atau restoran seafodd yang tersebar di banyak tempat. Padahal bila ingin mencoba membuat udang saus padang sendiri juga bisa kok.

Cara membuat udang saus padang pun tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan di rumah juga. Jadi nggak ada salahnya memasak udang saus padang dan bandingkan dengan udang saus padang di restoran seafood langganan. Pasti nggak jauh beda rasanya.

Dilansir dari Detik Food, udang saus padang ditumbuk kasar maka saus padang lebih halus sehingga rasanya lebih enak. Selain ditumbuk dengan cobek dan ulekan bisa bumbu dihaluskan dengan blender agar lebih mudah dan praktis. Untuk mendapatkan kerenyahan pada udang, udang harus digoreng dulu agar kering.

Untuk membuat udang saus padang disiapkan beberapa bahan di antaranya: 500 gram udang jerbung ukuran sedang, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan saus cabe botolan, 1 sendok makan saus tomat botolan, 1 sendok teh cuka masak, 150 ml air, 1 sendok teh tepung kranji, larutkan dengan sedikit air.

Untuk bumbunya digunakan 8 buah cabe keriting, 5 buah cabe rawit merah, 3 butir bawang merah, dan 2 siung bawah putih, 1/4 sendok teh merica, 1/2 cm jahe, 1 sendok teh gula pasir,  dan 1 sendok teh garam.

Udang Saus Padang (Resep Masakan)

Cara membuatnya pada langkah awal bisa untuk mengupas udang dan sisakan ekornya kemudian dicuci bersih lalu tiriskan. Kucuri udang dengan air jeruk nipis, aduk hingga rata. Sambil mengaduk, panaskan minyak lalu goreng udang selama beberapa saat lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu giling bumbu-bumbu hingga halus.

Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang. Tambahkan saus cabe dan saus tomat, cuka serta air sampai mendidih. Lalu masukan udang yang sudah digoreng ke dalam bumbu tersebut dan diaduk hingga rata. Tuangkan larutan kanji sampai kental lalu udang bisa diangkat. Suguhkan udang saus padang dengan nasi hangat.

Udang Saus Padang (Detikcom)