Waspada Penyebab Bibir Hitam, Kamu Ngalamin Nggak?

Penyebab bibir hitam sangat beragam dan beberapa di antaranya mungkin kamu lakukan setiap hari

Bibir merah merekah adalah salah satu standard kecantikan dalam masyarakat kita. Namun masalahnya, tidak semua orang bisa memilikinya, terutama jika mereka harus berhadapan dengan berbagai penyebab bibir hitam setiap hari.

Bibir hitam muncul karena terjadinya hiperpigmentasi di area bibir. Walaupun tidak selalu membawa dampak serius, namun bibir hitam memang membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. Penyebabnya pun bisa jadi adalah hal yang kamu lakukan setiap hari. Berikut beberapa di antaranya:

Terlalu Banyak Kafein

Kafein dalam kopi mauoun teh kini telah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Rasanya kamu tak bisa melewati sehari tanpa minuman tersebut. Namun waspadalah dengan zat di dalamnya karena bisa memicu bibir hitam.

Sering Terpapar Sinar Matahari

Penyebab Bibir Hitam (via Alodokter)

Untuk kamu yang sering melakukan kegiatan outdoor, hati-hatilah menjaga bibir. Dalam hal ini, kamu akan berhadapan dengan sinar ultraviolet yang intens sehingga menimbulkan berbagai masalah kulit. Sinar UV dan polusi adalah penyebab utama kulit kering dan bibir hitam.

Produk Kosmetik Kadaluarsa

Penyebab Bibir Hitam (via Suara)

Penggunaan kosmetik memang bukan hanya sekedar untuk tampil cantik. Kamu harus memperhatikan kandungan di dalamnya agar tidak memicu masalah baru. Jika kamu menggunakan produk kadaluarsa pada bibir, maka dampaknya adalah bibir jadi menghitam.

Sedang Hamil

Penyebab Bibir Hitam (via Bukalapak)

Kehamilan juga memicu hiperpigmentasi di beberapa bagian tubuh, misalnya areola dan bibir. Karenanya, jika kamu telah menjalani hidup sehat namun tetap mengalami bibir hitam, mungkin kamu sedang dalam kondisi hamil.

Penggunaan Obat-Obatan

Penyebab Bibir Hitam (via Suara Surakarta)

Seseorang yang sedang menjalani perawatan medis mungkin diharuskan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu. Akibatnya, terjadilah hiperpigmentasi di area bibir sehingga warnanya mulai menggelap. Beberapa obat yang memicu hal ini adalah antibiotik oral, antimalaria, dan obat kemoterapi.

Merokok

Penyebab Bibir Hitam (via Tanda Seru)

Penyebab umum bibir hitam pastinya adalah kebiasaan merokok. Hal ini terjadi karena di dalamnya terdapat kandungan nikotin dan benzopyrene yang mendorong produksi melanin. Pada akhirnya hal ini membuat kulit di area bibir mengalami hiperpigmentasi sehingga terlihat menghitam.

Ternyata banyak sekali kebiasaan sepele yang menjadi penyebab bibir hitam. Solusinya, kamu harus menghindari sumber masalah dan melakukan perawatan dengan lebih baik dan intens. Semua orang bisa kok mendapatkan bibir merah merekah!

Penyebab Bibir Hitam (via WinNetNews)