Yuk, Belajar Bahasa Medan yang Unik! Biar Nggak Bingung Salah Paham

Yuk, Belajar Bahasa Medan yang Unik! Biar Nggak Bingung Salah Paham

Pasti beberapa dari kalian menyangka bahwa Medan selalu identik dengan budaya Batak. Padahal di Medan masih terdapat banyak suku-suku lainnya seperti Melayu, Jawa, Minang, Aceh, Mandailing, Karo, India, China, Arab dan masih banyak suku lainnya. Keragaman inilah yang kemudian menciptakan bahasa Medan. Bahasa Medan pada dasarnya adalah bahasa Indonesia yang mengalami akulturasi sehingga tercipta lah istilah-istilah baru.

Berikut ini adalah beberapa keunikan bahasa medan yang akan kita bahas.

1. Kereta itu motor, sedangkan motor itu mobil, kereta api lain lagi istilahnya. nah lho, awas ketuker yaa kalau ke Medan

2. Di Medan air putih disebut teh putih, dan es teh manis disebut mandi yang singkatan dari manis dingin, makannya kalau kamu sudah manis jangan dingin-dingin sikapnya nanti ketuker sama mandi hehe.


https://cektkp.id/

3. Bahasa medan dari pasar adalah pajak, sedangkan pasar sendiri dalam bahasa Medan artinya jalan, dan pasar hitam adalah jalan aspal. Kalau di Medan jangan jualan di pasar ya, bahaya, bisa ditabrak mobil.


https://cektkp.id/

4. POM bensin di Medan disebut galon, dan bensin disebut minyak. Hati-hati salah omong ya daripada galon akua mu di isi minyak kan nggak jadi lucu hehe.


https://cektkp.id/

5. Penumpang di Medan disebut sewa, karena kalau numpang itu nggak bayar.


https://cektkp.id/

6. Pantai itu punya dua arti jika di Medan, yang pertama tempat wisata sungai, yang kedua wisata laut atau pantai beneran. Jadi kalau di ajak jalan jalan ke pantai jangan keburu seneng bakal lihat debur ombak ya, tanyain dulu pantai nya mana hehe.


https://cektkp.id/

7. Di Medan tidak ada becak motor, adanya becak mesin. Sementara becak yang di kayuh disebut becak dayung.


https://cektkp.id/

8. Korek pun beda istilah di Medan, korek gas di medan disebut mancis, sedangkan korek yang ada pentol koreknya disebut korek.


https://cektkp.id/

Naaah, itu dia bahasa Medan yang beda arti jika di pakai di bahasa Indonesia, jadi buat kamu yang mau ke Medan atau lagi deketin orang medan (cieeeee) hati-hati salah ucap ya gaes.

https://cektkp.id/