Tenaga Kesehatan Disarankan Pakai Vaksin Booster, Ini Deretan Manfaatnya

Tenaga kesehatan sekarang sudah bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Setelah sukses mengedarkan vaksin dosis pertama dan kedua, Menteri Kesehatan membuat kebijakan lanjutan terkait penanggulangan Covid-19. Saat ini, tenaga kesehatan mulai bisa mendapatkan vaksin dosis ketiga, atau dikenal dengan vaksin booster.

Vaksin Moderna yang akan digunakan sebagai booster kali ini adalah jenis mRNA-1273. Ini adalah vaksin Covid-19 pertama yang mendapatkan emergency authorization use dari BPOM dengan menggunakan platform mRNA.

Jika vaksin Covid-19 yang lain menggunakan komponen virus yang dimatikan, vaksin mRNA ini mengandung materi genetic yang direkayasa sehingga menyuplai kuman atau virus tertentu. Hal ini membuatnya memiliki efikasi tertinggi dibanding vaksin yang sudah digunakan Indonesia sebelumnya.

Manfaat dari vaksin ini antara lain untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang berbahaya. Ketika orang sudah mendapatkan vaksin lengkap, mereka biasanya berpikir bahwa dirinya sudah aman dan kebal terhadap virus tertentu, padahal hal tersebut belum pasti.

Manfaat Vaksin Booster (via Tempo)

Virus dapat bermutasi seiring waktu membuat vaksin yang sudah diterima menjadi kurang efektif. Oleh karena itu guna meningkatkan system imunitas tubuh diperlukan vaksin booster untuk memperkuat kekebalan tubuh kita.

Vaksin ini juga bekerja untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap pathogen tertentu setelah menerima dosis awal.

Manfaat Vaksin Booster (via Kompas)

Vaksin booster pada adalah untuk memperpanjang perlindungan pasca vaksin dan sebagai langkah penguat dan juga mencegah penularan dari varian virus corona yang telah bermutasi. So, jika kamu bukan nakes, bersabarlah untuk mendapatkan dosis ketiga.

Manfaat Vaksin Booster (via Kompas)