Apakah Kamu Sudah Menggunakan Skincare yang Cocok, Pelajari Tanda-Tanda Ini

Gonta-ganti skincare dalam waktu yang berdekatan dapat menimbulkan masalah pada kulit. Lalu bagaimana cara mengetahui mana yang cocok?

Bagi sebagian perempuan, memakai skincare adalah sebuah keharusan. Meski demikian, tidak jarang kaum Hawa merasa bingung apakah produk perawatan yang digunakan sudah tepat untuk tipe kulit mereka, bahkan setelah mencoba berbagai brand dari yang termurah sampai yang termahal.

Padahal, gonta-ganti skincare dalam waktu yang berdekatan dapat menimbulkan masalah pada kulit. Kamu harus menunggu setidaknya 3-4 bulan untuk mengetahui apakah skincare bisa bekerja dengan baik pada kulit atau tidak. Padahal, kamu bisa mengecek kecocokan skincare dengan kulit hanya dengan cara mudah berikut ini:

1.    Cek reaksi instan kulit

Beberapa produk kecantikan bisa memberikan reaksi langsung pada kulit setelah diaplikasikan. Walaupun terkadang ada juga yang reaksinya baru bisa terlihat setelah beberapa jam atau beberapa hari. Jika muncul reaksi seperti gatal, perih, rasa terbakar bahkan breakout atau purging maka sebaiknya kamu berhenti menggunakannya.

2.    Apakah Terjadi Purging?

Tips Memilih Skincare (Lifestyle Asia Hong Kong)

Purging adalah proses pembersihan yang menunjukkan kondisi reaktif kulit saat memakai skincare baru. Beberapa tanda purging adalah kulit mengelupas, jerawat, beruntusan, komedo dan whiteheads. Tekstur kulit juga lebih terasa tetapi dapat hilang atau sembuh lebih cepat daripada jerawat. Secara alami, purging akan sembuh dengan sendirinya jika pemakaian dihentikan.

3.    Adakah breakout pada kulit?

Tips Memilih Skincare (via iPrice)

Breakout adalah munculnya peradangan dan jerawat di tempat-tempat yang tidak biasa, dan seringkali timbul secara berlebihan pada seluruh wajah. Jika produk yang dipakai tidak bersifat eksfoliasi/mendorong regenerasi kulit tetapi kulit bereaksi seperti itu, berarti produk yang dipakai tidak cocok dengan jenis kulit maka sebaiknya dihentikan pemakaian. Breakout membutuhkan penanganan dokter.

4.    Cek Kondisi Kulit Setelah 1 Bulan Pemakaian

Tips Memilih Skincare (via Beauty Journal)

Tidak ada yang instan untuk penggunaan skincare. Butuh 1 siklus pergantian sel kulit yaitu sekitar 28 hari untuk melihat efek skincare yang kita gunakan benar-benar bereaksi apa tidak. Selama tidak ada efek negatif yang muncul, berarti skincare tersebut bisa diterima kulit Anda.

5.    Adakah Perubahan Positif?

Tips Memilih Skincare (via Womantalk)

Ketika produk bekerja, kulit akan terasa nyaman dan bahagia, terbukti dengan kulit menjadi lembap tetapi tidak berminyak secara berlebihan, tidak meradang, tidak ada jerawat, dan tidak mengelupas atau mengencang. Saat itulah kita merasakan efek dari skincare yang kita pakai.

Selain kriteria yang dipaparkan di atas, disarankan untuk memilih produk skincare yang bisa mengatasi masalah kulit secara spesifik. Hindari pula produk yang bisa mengatasi banyak masalah sekaligus pada kulit karena umumnya bisa menimbulkan komplikasi.

Tips Memilih Skincare (via Womantalk)